Komputer ga ada suara setelah format ulang?

ini adalah masalah yg sy alami sendiri waktu habis ngeformat ulang komputer dulu. jadi, ceritanya, setelah ngeformat ulang komputer kan nginstall driver-driver tuh.. tapi ntah kenapa waktu nginstall driver-driver dari CD motherboardnya, tiap kali nginstall driver sound, selalu gagal, tulisannya “no sound card detected” (ataw ya pokonya kira-kira gitulah, exactly tulisannya gimana sy lupa)

naah, nyebelin banget kan tuh, jelas-jelas sound card nya kepasang, terus nginstall drivernya juga kan langsung dari CD motherboardnya?! naah, kalo ada yg pernah ngalamin masalah ky gini, ternyata solusinya ga susah… yg perlu qt lakuin cuma ngelakuin beberapa langkah sederhana…

step-by-step nya kira-kira gini:

0. cari keterangan tentang motherboard qt

1. masuk start, terus Run dxdiag

2. kalo di DxDiag 5.03.2600.218 qt bisa langsung liat merk dan model motherboard qt apaan di bagian System Manufacturer sm System Model

3. kalo kbeneran DxDiag nya jadul jadi ga ada informasi System Manufacturer sm System Model, ya apa boleh buat, bisa nyari informasi ttg motherboard qt pake software-software bwat hardware detection, googling aja bwat nyari download trial software-software ky gt

4. setelah tw pabrikan dan model motherboard qt, googling lagi (hehe), cari-cari aja yg nyediain free driver download bwat motherboard qt… contoh website yg banyak nyediain free driver tu http://www.driverguide.com (tapi perlu registrasi). atau, masuk aja ke website resmi vendor motherboard kita, cari-cari driver disana…

5. download driver yang sesuai dengan Operating System kita (Windows XP, Windows ME, dll)

6. install drivernya di komputer

7. voila! qt bisa dengerin lagu lagi dari komputer!

selamat mencoba!

-EDITED-
klo langkah-langkah di atas ga jalan, mungkin bisa cek settingan BIOS seperti ditulis di sini

60 thoughts on “Komputer ga ada suara setelah format ulang?

  1. cara instal driver nya gimana mas?
    trus apa driver sebelumnya di re-instal?

    tolong yah, saya juga punya masalah kaya gini.
    thx b4

  2. seinget sy, nanti yg kita download dari internet itu installer drivernya, jadi cara nginstallnya tinggal seperti nginstall software biasa aja, tinggal di-dobelklik terus klik next next aja…

    driver yang sebelumnya ga perlu di re-install, karena qt udah make driver yg lebih update.. nah begitu, mudah-mudahan bisa membantu

  3. kok saya cari di dx diag nda ada yah driver nya

    saya tidak tau apa nama driver saya?

    kita cari di bagian sound ato music?

    tlong bantuan nya

  4. wah seinget sy juga di dx diag sih ga ada informasi driver, dapet informasi drivernya itu setelah googling… yang penting mah dapet informasi motherboard qt, coz dari info motherboardnya nanti drivernya itu gampang didapetinnya, tinggal ketik “sound driver ‘Merk+Tipe Motherboard'” di keyword Google, gt klo g salah

  5. nah akaujuga nalamin begitu tolong dong… emang aku punya driver bawaan mathrboard namanya amptron tatapi setelah akau instal drivernya ternyata ndak bisa sound audionya juga ndakbisa terus mau muter lagu ndaka bisa jadinya toooooolooooong dooooong…,,!!!!

  6. ini saya mau nanyain kenapa komputer ku tidak ada audionya di karenakan habis di install ulang, dan aku tidak punya CD untuk mathedboard nya jadi gimana tuh

  7. maaf banget, baru buka blog lagi..

    @abdulhadi: jangan pake driver yang dari CD bawaan pas beli, coba deh googling driver dari internet, coz aku juga dulu gitu, driver asli ga jalan tp driver dr internet jalan…

    @abdul: cari di internet drivern audio terbaru untk merk dan seri motherboard kamu :)

  8. mas, system manufactur : msi, dan system model : ms-7267, kira2 sound diver yang cocok apa ya? saya mau tanya, kalo sound card dan sound driver sama ga sih?,mohon informasinya banget…..

    • naah, mas tinggal cari driver motherboard MSI MS-7267 itu, stau sy biasanya sih, driver motherboard itu udah sepaket sm driver soundnya, jadi kalau udah donlot driver motherboard ga perlu lagi donlot driver sound card, kecuali pada kasus-kasus tertentu.. sound card beda dengan sound driver, kalau sound card itu alatnya (hardware), sound driver itu software supaya sound card bisa jalan

  9. eh kak..aaah,ternyata pc aku blom punya soundcard kak..jadi pas driver nya di instal gak mau..:(
    kk bisa bantu aku? klo gak salah motherboard aku asus p5gc mx..

    • haa, ga mungkin sih ga punya sound card, kalo ga punya sound card mah sebelum di re-install pun ga akan bisa ada suaranya. udah kamu install belum driver terbaru Asus p5gc mx nya?

      atau, coba buka start -> control panel -> system -> hardware and sound -> device manager. disitu nanti ada pilihan update device drivers. masuk ke situ, pilih bagian Sound, video, and game controllers, klik kanan apa pun yang ada di bawahnya, terus pilih Update driver software.
      kalo masih ga bisa juga, ada kardus atau bon bekas beli PC gak? cek di sana model soundcard kamu apa, terus install deh drivernya dari internet.

  10. boz,….
    tlong bamtuin gw nih..
    gw lagi kesulita nginstAL sound buat motherboard gw
    motherboard gw asrock tipe GE PRO M-2
    TLONG kasih tau gw dmana harus cari driver sound nya..
    sebelumnya thank’s ya..

  11. addduuhh bingung nh
    gmna caranya dapet’n driver buat PC saya…
    Cz…abis install ulang gag dha suara nya…???

  12. bang bang maksudnya ini tee ap
    2. kalo di DxDiag 5.03.2600.218 qt bisa langsung liat merk dan model motherboard qt apaan di bagian System Manufacturer sm System Model

    itu tee versionnya bkn ?

  13. Ping-balik: 2010 in review « rizasaputra

  14. Mass,,Saya memakai Laptop toshiba..dan saya Selalu Gagal Install Driver Audio…Padahal downloadnya di situs resmi Toshiba,,,,,,,,Mohon Petunjuk..

    Oh iya,,di dxdiag,,saya Lihat sound tab….Ada Tulisan,,,
    No Sound Card was Found.If One Expected,you should install a sound driver profided by hardware manufacturer…

    Bingung,,,1 Minggu Laptop Gak Bersuara =(
    Mohon Petunjuknya….Kalo Bisa ke email saya mas..
    fara4ever30@yahoo.com

    Timakasih

    • iya sound tab nya bakal kaya gitu krn drivernya ga ada. di dxdiag liatnya jangan sound tab, tapi baca info system manufacturer dan system model. terus download lah driver utk system manufacturer dengan system model itu, bukan download audio driver dari toshiba nya, karena merk laptop belum tentu sama dengan vendor motherboard…

  15. yyeeeeehhhh….mas makasih banyak ya…. soalnya sekarag leptop saya udah ada suaranya…… walapun saya ngak pernah nayak tapi saya sempat lihat pertanyaan teman-teman smwa…… habisnya sama semua masalahnya…..ngak ada suara…. terima kasih banyak…….

    • yang penting bukan versi DxDiagnya sih, yg penting dapat info merk dan model motherboardnya. Cari tulisan System Model dan System Manufacturer di dxdiag nya, terus coba google dengan keyword “download driver for system_manufacturer_kamu system_model_kamu”, download drivernya, install, selesai. Kalau pas google tadi ga ketemu drivernya, coba masuk ke website resmi system_manufacturer nya aja, disana cari-cari driver yang sesuai dengan OS komputer, kalau ada downloadnya driver dengan kategori untuk motherboard, kalau ga ada coba driver dengan kategori audio. Mudah-mudahan berhasil yaa

  16. itu bang SS nya

    info merk dan model motherboardnya yg mana nya bang???
    System Model dan System Manufacturer di dxdiag nya yg mana juga bang???
    trus website resmi system_manufacturer nya apa bang???

    maklum bang, gue gaptet mode bloon ;”(

    • waduh, komputernya rakitan ya? merk dan model motherboardnya ga ada infonya soalnya @_@
      merknya itu System Manufacturer, model itu System Model, tapi di dxdiag kamu kan hasilnya “To Be Filled By O.E.M”, setau saya ini artinya yang ngerakit komputernya ga ngisi info merk dan model motherboardnya pas masang. kalau gitu untuk tau paling liat kardus-kardus komponen cpu nya (kalau masih ada), atau tanya yang ngerakitnya..
      coba update drivernya pake windows update di http://www.update.microsoft.com/windowsupdate, tapi saya ga tau dari situ lanjutannya gimana, belum pernah nyoba soalnya. atau, coba upgrade aja ke windows 7. terahir, kalau masih ga bisa juga yaa, paling bawa ke tukang servis komputer. smangat! :D

  17. bang bantuin dong.. ane abis intal ulang kompi ane ni..
    skrg gak ada keluar suaranya.. ane dah googling kemn2 juga gak bisa.. update driver realteknya juga ga bs.. pas cek di dxdiag keterangannya “No sound card was found. If one is expected, you should install a sound driver provided by the hardware manufacture”
    ini yg salah sound card ane yg rusak ato gmn bang.. tolong dong bang bantuin..
    MoBo: Biostar
    MoBo Series: AMD Socket AM2+
    MoBo Model : A780L M2L+6.x

    gw udah searching ini di google dapetnya keterangan model sound card Realtek ALC662 6-Channel HD Audio..
    udah gw donlot drivernya tetap aja keterangannya No Sound Card.. gimana tuh bang… lama2 mw muntah ngerjain ini plz bang bantuin ane…

  18. Om Saya gak tau TIPE MotherBord saya apaan .
    Tapi merknya ASUS.
    Gk tau TIPE Apaan .
    Kalo caranya agar tau Tipe Mother Bord saya gimana tuch Om ?
    Tolong Bales Secepatnya Yah Om.
    Thanks

  19. Om Nih Saya Baru tau Jenis Motherboard saya .
    P5GC-VM PRO
    Merknya ASUS
    Jadi tuh komputer saya setelah format jadi gk ada suaranya.
    Tolong Bantuannya Om.
    Thanks :D

  20. Gan tolong saya,,
    saya ud instal driver soud di kmptes sayang, di dxdiag ud muncul soudnya dan ud bisa muter musik tapi ga ada suaranya, kenapa yah gan??
    Tolong gan pliss..

  21. Gan tolong saya,,
    saya ud instal driver soud di
    kmpter saya, di dxdiag ud
    muncul soudnya dan ud bisa
    muter musik tapi ga ada
    suaranya, kenapa yah gan??
    Tolong gan pliss.

    • kalau muter musik mah ga ada hubungan sm driver sound. agak aneh, itu nginstall driver sound nya darimana, dari driver utk motherboard nya atau dari driver utk sound cardnya? kalo dari driver bawaan sound cardnya, coba install ulang tapi kali ini pk driver sound utk motherboardnya..

  22. Jadi pas instal ulang windows itu driver soundnya uda langsung ada gan,,
    dia ga minta instal driver lagi, tapi yg saya aneh kenapa dia ga bersuara yah..
    Maklum p3 gan, :-D

    • oh gitu, mungkin itu driver sound bawaan dr CD windowsnya, en kayanya ga compatible sm hardware sound card d komputer agan.. saran sy tetep, cari lg scara manual driver utk motherboardnya :p

  23. makasih banget tips nya om…setelah sehari semalem bahkan sampai 3 kali install akhirnya nemu juga berkat instruksi di atas. dan sudah tidak bisu lagi..hahahhaa….kebetulan pc p4 jadul..tapi masih nungul system manufaktur ma model nya…soundmaxnya udah ga mental lagi saat di install..( rate * * * * * ) top markotop.

  24. om saya abis instal ulng sendiri, eh pas mutar musik g ada suaranya, gimana tuh?
    gue cuma tau sytem Model & Manufacturer
    phison
    ps2232bd-f
    ut0820
    ajy1r3

    29f32g08camcl
    084417

    tolong pencerahnya om :(

  25. om saya mau tanya..saya baru ganti motherboard, asalnya ECS dan sekarang punya saya ASUS..asalnya bisa instal driver…nah terus ceritanya saya beli hardisk baru..terus saya instal ulang windows’nya d hardisk baru..pas saya mw instal drivernya ko gagal terus…VGA dan AUDIO onboard semua…nah pas saya liat d DXDIAG…ternyata manufakturnya masih ECS..itu kira2 knpa yah? tipe mobo ASUSnya MCP61SM – AM .. bisa bantu ga om? makasih ya sebelumnya

  26. gan sy mau nanya nih….kok setelah sy cek dxdiagnya knapa motherboard nya ga ad…cuma tulisan n/a aja…mohon solusinya gan…..

  27. Trima kasih banyak saya sudah dapt solusinya dari forum ini. Sebelumnya saya udah sempt pusing bangt dibuat komputer jadul kesayanganku. Mulai jam 5 sore saya instal, eh.. Jam 1 dini hari baru bisa keluar audionya, ternyata masalahnya ada pada biosnya,sebelumnya biosnya saya kembalikan ke default,ternyata jadi masalah. Untuk ketemu forum ini saya cari itu yg ada tulisan optimizet pd biosnya,dan ternyata berhasil. Padahal udah sampai 3x saya instal windowsnya, kalau drivernya realtek ac97, nggak tau udah berapa x saya instal, bahkan saya coba berbagai macam driver lain. Thnks banyak ya bang.

Tinggalkan Balasan

