Kalori 1 Sendok Makan Nasi Putih

Dalam rangka sok-sok diet, saya mencoba membiasakan diri menghitung kalori makanan yang dimakan. Untuk mengetahui jumlah kalori makanan yang dimakan biasanya saya selalu searching di internet. Tapi, masalah selalu terjadi ketika saya mau menghitung kalori nasi putih, karena satuan nasi putih di internet selalu 1 porsi, 1 cup, atau sekian gram. Padahal ukuran piring kan ga selalu sama, 1 cup itu saya ga tau segimana, dan 1 gram pun mana saya tau segimana. Dan ga mungkin juga kan pergi ke warteg dan bilang, “mbak, minta nasi 50 gram ya!” Yang ada bingung mbak wartegnya nanti.

Akhirnya, saya selalu menghitung dengan patokan jumlah suap sendok makan yang saya makan. Lalu bagaimana mengkonversi jumlah suap menjadi kalori? Setelah melakukan pencarian intensif, ada orang yang bilang 100-150 gram itu sekitar 10-15 sendok makan nasi putih. Dengan asumsi bahwa penjelasan itu benar, kayanya aman kalau dianggap 1 sendok makan = 10 gram. Lalu, 100 gram nasi putih itu 129 kal, jadi 10 gram nasi putih = 13 kal. Jadi, 1 sendok makan nasi putih = 13 kal. Ahey! Kini saya sudah bisa menghitung kalori nasi putih yang saya makan dengan (mudah-mudahan) akurat.

4 thoughts on “Kalori 1 Sendok Makan Nasi Putih

  1. kalo per kepalan tangan berapa bro. al-nya gua klo makan tu paling enak secara tradisional, pake tangan langsung. itu berapa kalori nasi per kepalan tangannya bro???

    • Waduh kurang tau bro, soalnya ukuran kepalan tangan orang kan beda², coba ambil 1 kepal terus simpen d sendok makan aja, kalau masih muat nasinya ga tumpah berarti kira² sama hehe

Berikan Balasan

