Mengatasi MySQL Server Tidak Bisa Start

Beberapa kali, karena laptop saya hang dan terpaksa saya shutdown paksa, ketika laptopnya jalan lagi saya tidak bisa menjalankan server MySQL. Ketika saya jalankan ./mysqld, keluarnya malah error warning begini: Cannot open tablespace mysql/slave_relay_log_info which uses space ID: 3 at filepath: ./mysql/slave_relay_log_info.ibd Inti dari pesan error tersebut adalah MySQL tidak bisa membuka file tablespace (yang […]

wp-1479404794988.jpeg

My Full Course 

Okay, so today I read last chapter of Toriko. In case you don’t know, Toriko is a little weird – yet still interesting – manga which theme revolves around food and ingredients. Personally I don’t feel it’s very excellent, but nonetheless it’s pretty decent manga. So to honor the completion of Toriko, here I’ll announce […]

kpu-jakarta_go_id

Quick Thought Pilkada DKI 2017

Oke, fix sudah ada 3 pasang cagub-cawagub yang akan bersaing di pilgub DKI tahun depan. Here is my quick thought. 1. Ahok – Djarot Sebagian orang yang saya kenal anti luar biasa sama Ahok. Ada orang yang alasannya super ga banget yaitu Ahok Cina. Ada yang alasannya Ahok noni, tapi saya mah jujur bingung kalau ini, karena […]

Tadaaa, bulbalbal!

Bulbalbal

Berawal dari kebangun jam 2 pagi dan ga bisa tidur lagi, saya sebagai master chef handal memutuskan turun gunung ke dunia perkokian dan masak. Saya masak make resep dari web bahasa inggris yang serba dimodif karena bahan-bahannya serba ga ada dan jadinya ini kaya resep original cep Riza. Resep ini saya kasih nama Bulbalbal, alias Bulgogi […]

bekerja

Building Employee Engagement

Beberapa hari yang lalu di grup whatsapp Karoeng OMT 351, Igen menshare tulisan yang konon katanya dari direktur SDM Citibank Indonesia tentang Employee Engagement. Menurut saya, tulisannya bagus banget. Ketika membaca tulisannya, saya sering ngomong dalam hati, “Tah eta pisan!” Filosofi yang dipaparkan di tulisannya serasa mampu menjawab keresahan-keresahan yang sering saya rasakan di perusahaan tempat saya […]

Jutawan Tahu

Anda ingin jadi pengusaha jutawan? Jualan tahu sumedang bisa jadi solusinya. Tahu sumedang beneran ya, bukan wanita rambut sebahu sungguh menarik dipandang. Oh, dan jualan pop mie juga sekalian sambil jualan tahu sumedang. Jadi, ceritanya hari sabtu kemarin saya ke Bandung dari Jakarta lewat tol. Di rest area KM 72, saya berhenti dulu mau beli […]

Review: A Monster Calls

A Monster Calls, atau Panggilan Sang Monster, adalah novel yang bikin nyesek. Bukan nyesek karena nyesel beli novel tipis seharga 88,000 rupiah, tapi emang karena ceritanya yang kelam dan bikin sedih. Pas baca awal-awal, saya langsung underestimate pas tahu tokoh utamanya anak usia 13 tahun. Pikir saya, “Jyaah monster, tokohnya usia 13 tahun, bacaan bocah […]