gratiskan pendidikan!!

diberitakan dalam harian Pikiran Rakyat terbitan 24 Desember 2007, bahwa ketika ditemui pada tanggal 19 Desember 2007 disela-sela menghadiri PPTJB 2007, Ketua Dewan Pendidikan Jawa Barat Uu Rukmana mengatakan bahwa pendidikan gratis tidak mungkin diterapkan sepenuhnya di daerah manapun termasuk di Jawa Barat. Bahkan menurut Uu, dengan pendidikan gratis justru akan timbul ketidakadilan di masyarakat. “Kalau pendidikan gratis, yang kaya enak dong, tidak perlu bayar pendidikan. Padahal mereka mampu bayar. Disitu letak ketidakadilannya,” demikian kata Uu.

Hanya satu kata untuk menanggapi berita ini: MENYEDIHKAN. Layanan pendidikan, kesehatan, dan keamanan seharusnya merupakan layanan dasar yang diberikan secara cuma-cuma tanpa pandang bulu terhadap SEMUA warga negara. Oke, untuk masalah penggunaan energi, subsidi silang tepat untuk diterapkan, orang kaya harus membayar lebih, tidak masalah. Tetapi, untuk pendidikan?? Pantaskah negara mencabut/menghalang-halangi hak seorang anak untuk mendapat pendidikan gratis hanya karena dia kebetulan dilahirkan sebagai anak orang kaya??

Selain itu, jika pejabat setingkat ketua dewan pendidikan propinsi saja sudah pesimis, ya jelas lah makin sulit untuk membuat pendidikan gratis! Dasar, padahal sudah banyak contoh daerah di luar negeri yang bisa menerapkan pendidikan gratis. Bahkan contoh di dalam negeri pun sudah tersedia (kalau tidak salah nama daerahnya Jembaran). Harusnya beliau sadar, bahwa jika ada itikad yang kuat, pendidikan gratis -bahkan layanan kesehatan gratis- di Jawa Barat bukan hal yang mustahil, dan satu hal penting lagi yang harus diingat, pendidikan gratis BUKAN bentuk ketidakadilan!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s