Tabrakan Menyebalkan

Sungguh sial, tadi pagi saya terpaksa berurusan dengan ibu-ibu rese gara-gara saya nabrak motornya. Kieu dongengna. Nu diserat hideung dongeng kajadianana, nu diserat beureum komentar+perasaan abdi.

Sekitar jam 10 pagi, saya melintasi jalan DU yang saat itu lagi lumayan lowong ke arah UNPAD. Naah, dari jauh, saya ngeliat di depan Monumen Perjuangan ada ibu-ibu pake motor dengan kecepatan lambat mau nyebrang melintas jalan. Dalam sepersekian detik, saya ngitung ngira-ngira kecepatan saya dan si ibu tsb, dan kesimpulan sy adalah sy tinggal maju aja sante coz motor si ibu tersebut akan udah beres nyebrangnya ketika sy sampe di spot yang bersilangan dengan jalur si ibu. Lalu, kejadian menyebalkan itu terjadi. Di tengah-tengah proses menyebrang jalan, motor si ibu tiba-tiba diem. Sy yang bener-bener ga nyangka akan ada motor yang melintang di tengah jalan, akhirnya sy jadi telat ngerem. Lalu, brakk!! DAMN.

Kesal 1: bego banget siy nyebrang jalan malah berhenti di tengah-tengah??! Klo kt temen sy siy, reaksi si ibu itu yg tiba-tiba diem adalah sesuatu yg wajar. Menurut dy, kemungkinan, si ibu itu waktu mule nyebrang ga liat-liat kiri-kanan dulu, terus pas melintas jalan baru liat kiri-kanan, liat kanan ada sy dateng, kaget, dan reaksi refleks dari kekagetannya adalah bukannya maju terus, tapi malahan shock dan terdiam. Lha kalo bener kjadiannya kek gitu ya tetep sama aja ngeselin, syapa suruh nyebrang ga liat-liat??! Ignorance itu namanya klo kata P’Mervin Tangguar!!

Brakk, tabrakan terjadi. Meski pun pelan, tabrakan tetep aja tabrakan. Ibu itu dan temennya jatuh. Sy jg jatuh. Sedangkan si hafidz (temen yg waktu itu barengan sy) ngakunya dy mah bisa berdiri. Habis jatuh itu, si hafidz langsung benerin+periksa motor sy. Sy mah langsung ngacir ke dua ibu-ibu itu bwt bantu-bantu mereka, minta maaf, dll. Liat sekilas, dua ibu-ibu yang sy tabrak itu ga terlalu knapa-napa, cuma satu ibu-ibu lecet-lecet dan ibu-ibu satu lagi mah nampak ga papa cuma kaget doang. Motornya ibu-ibu itu tapinya bermasalah, remnya patah. Sebagai cowo yang bertanggungjawab, sy bawa deh motor itu+para ibu-ibu ke bengkel Yamaha di DU.

Ibu-ibu yang lecet tuh ibu-ibu yang megang stang. Selama di jalan ke bengkel Yamaha, sy kenalan  n ngobrol banyak hal sm si ibu. Akrab lah. Biasa lah gw mah suka supel. Ibu-ibu itu, ternyata namanya Bu Euis. Walo mukanya dah tua, wajahnay berkerut, gayanya masi asik abis, naik motor ga pake helm, rambut dicat coklat, pake baju kancing paling atasnya dibuka 2 biji, en pake celana pendek. Cerewet lagi. Lumayan kontras sama ibu-ibu satu lagi. Klo ibu-ibu satu lagi keliatannya tua, berjilbab rapi, en nampak pendiem.

Sambil ngobrol, mulanya Bu Euis yang komplain, katanya sy bawa motornya kecepetan lah, ngelamun lah, dll. Terus sy jelasin ke Bu Euis, bhwa kecepatan sy g cepet-cepet amat, tadi bawanya lagi santey, sy ga ngelamun, dan bahwa tabrakan tadi terjadi sedikit banyak gara-gara Bu Euis malah diem juga di tengah jalan. Bu Euis bilang, habis dy kaget liat sy tiba-tiba muncul.. (lah tiba-tiba gimana coba? Sy aja dah liat motor dy dari jauh, dy aja ngelamun kali). Dan Bu Euis mengerti bahwa dy juga ada andil kesalahan dalam kecelakaan yang terjadi.

Sampe di bengkel, sementara motor Bu Euis diperiksa teknisi (yang ternyata adalah kenalan si ibu itu), sy mencoba ngurus Bu Euis dan temennya (sy masih ngerasa kasian waktu itu). Sy beliin minum & hansaplast, tersenyum, mengalah, mendengarkan. Respon Bu Euis jg baik-baik aja, dengan sikap sy baik gitu dy juga tenang, teredam emosinya, nampak biasa ga ky orang yg kudunya shock ditabrak motor, ramah dan bersahabat. Sampe akhirnya teknisi tadi (klo ga salah namanya A’Oom) selesai meriksa motor.

Hasil periksaan, motor Bu Euis tuh handle remnya patah, gasnya agak keset, knalpotnya agak melesek ke arah dalem, dan forknya bengkok. Menurut A’Oom, perbaikannya, handle rem perlu diganti, selang gas perlu diganti, dudukan knalpot perlu diganti atau minimal di las, sdangkan fork kudu di press. Handle rem siy emang perlu diganti, tapi yang lain-lainnya tuh sebenernya ga terlalu ngeganggu. Gas agak keset tuh sesuatu yang biasa aja, sy aja waktu make tu motor ga sadar gasnya agak keset sampe A’Oom bilang gasnya keset. Knalpot melesek juga sdikit pun ga ganggu fungsional, meleseknya juga ga parah. Sedangkan stang miring, aah itu mah motor sy juga bertaun-taun sy biarkan dalam keadaan ga dipress masih bisa sy pake ngebut ke Subang dengan nyaman.

Tapii, si A’Oom nya malah kaya nakut-nakutin si Bu Euis gitu. Komentar-komentarnya tuh bukan komentar-komentar yang bs menenangkan hati orang yg baru tabrakan. A’Oom bilang, gasnya keset itu aneh banget. (well, ok itu emang ga normal, tapi aneh-aneh banget kekna ga juga, motor si hafidz juga gasnya keset). Terus kt A’Oom juga, dudukan knalpot itu bagusnya diganti, padahal jelas dilas juga cukup.. Bu Euis termakan, dy ga mw dilas doang, aarrgghh padahal hasilnya sama aja, padahal ganti dudukan itu costnya 3,5 x lipat dibanding klo ngelas doang… Udah gitu yang nyebelin juga, masalah setang miring kek dibesar-besarkan gitu, dibilangnya sm A’Oom ukh ini mah bakal kerasa, jadi ga nyaman, dll. Aagg.. Firasat sy udah ga enak banget, ngepress tu mahal banget, padahal stang miring itu bukan ssuatu yang kelewat kerasa, klo kerasa pun lama-lama jg terbiasa. Ngepress tu tarifnya 150 ribu. Sy aja nabung dulu 2,5 taun sebelum akhirnya sy mw ngepress motor sndiri pas dulu terahir kali sy tabrakan.

Bu Euis, yang termakan kata-kata A’Oom, langsung menuntut sy ngeganti semuanya. Sy ga mw. Terutama gantiin ngepress. Mahal. Emang dy ditabrak salah yg nabrak doang? Yang sy ga ngerti, meski Bu Euis sadar bahwa dengan dy diem melintang di tengah jalan itu berarti dy salah jg, sepertinya dy sedikit pun ga ngerasa bahwa dy harus ikut menanggung akibat kesalahannya sendiri. Keukeuh, harus sy yang gantiin semuanya.

Dan tiba-tiba situasi memburuk bagi sy. Tiba-tiba muncul bapa-bapa ga jelas ntah darimana yg bilang, “Heuh, nu ditabrak mah kuduna tarima jadi! Atawa menta ganti weh 500 rebu jang biaya rumah sakit! Bisi aya luka jero!” (Heuh, yang ditabrak mah harusnya terima beres aja! Atau minta digantiin 500ribu aja buat biaya rumah sakit! Takutnya ada luka dalam!) Bu Euis langsung merespon bahagia, “Muhun Pak, ieu meni bared-bared, uw kedah ka rumah sakit!” (Iya Pak, ini luka-luka, wah harus ke rumah sakit). AH. LEBAY. KESAAALL.. Tabrakannya pelan gitu. Bu Euis pun cuma lecet di satu spot di bawah lutut! Ibu satu lagi malah g luka apa-apa, ngakunya cuma sakit pinggang (ga tw sy apa hubungannya jatuh dari motor dengan sakit pinggang).

Kesal 2: apa-apaan siy tu bapak-bapak ga jelas? Tiba-tiba nongol, tiba-tiba ikut campur, ga nanya kejadiannya, tiba-tiba nuduh smua kesalahan ada di pihak penabrak?? Well, sebenerny sy ngerti siy, klo ada insiden antara pemuda dan ibu-ibu, gimana pun kejadiannya, pasti kesannya sang pemuda adalah berandalan serampangan yang berperan sebagai pihak penjahat dan ibu-ibu adalah pihak lemah yang berperan sebagai korban. Tapi kan ga selalu gitu??? Ah udahlah. Biar jadi catetan pribadi sy aja, biar sy catet bhwa sy jangan sampe sperti bapak itu, sy jangan sampe ngejudge sesuatu klo ga ngerti bener gimana kjadian yang terjadi.

Ngerasa dapet angin, Bu Euis makin semangat menagih sy semua ongkos. Dan skarang minta dikasi duit bwat ke tukang urut segala. Bah. Ngelunjak, persis Belanda minta tanah. Sy pastinya ga mw ngasi duit bwat ke tukang urut, nurutin semua keinginan Bu Euis bwat ganti ini-itu aja sy ga mau. Coz sy tau kerusakan-kerusakan yang terjadi sebenernya ga separah kedengerannya (wong motornya sy yg bawa dari lokasi tabrakan smpe ke bengkel).

Akhirnya, sy nyoba minta Bu Euis biar dy nyobain sndiri dulu motornya. Sy jelasin, bahwa motor kan yg penting nyaman dipake, jangan terlalu ngikutin kt A’Oom, lha dy kan orang bengkel (pastinya pengen job sebanyak-banyaknya). Maksud sy, supaya dari hasil nyoba sendiri itu, Bu Euis bisa ngerasain, apa iya kerusakan motornya itu kerasa banget. Jadi kan klo dah ngerasain bisa ngira-ngira, dari sgitu banyak penyakit yg dideteksi A’Oom, mana yg beneran ganggu, mana yg sebenernya ga terlalu knapa-napa dan bisa didiemin dulu. Lagian motornya kan bukan untuk dijual melainkan untuk dipake.

Malang bagi sy, Bu Euis ternyata tipe manusia yang sepertinya tidak diajarkan untuk mendengarkan. Dy ga mw nyoba motornya. Dan A’Oom terus-terusan menekan, mengulang-ulang hasil diagnosa dy tentang kondisi motor. Aaarggh, mengesalkan. Yang semakin mengesalkan, si Bu Euis mulei berlagak. Dy menjauh, nelpon-nelpon, gaya ngomongnya juga berubah jadi blagu, ngobrolnya sepatah-sepatah kata, memandang sy pas ngomong pun tidak, dy ngerasa diatas kali.

Waktu dy mule sedemikian blagunya ngeliat sy pas ngomong aj ogah, kesabaran sy habis. Sy langsung ngomong k Bu Euis, “Ibu, punten. Sy rasanya dari tadi beritikad baik menyelesaikan ini segera. Tapi, kesan yg sy dapat, ibu mempersulit situasi. Ibu seperti tidak ada niat baik. Sepertinya, ibu berusaha memanfaatkan situasi untuk mendapat uang sebanyaknya”. Sy ngomongnya pk B.Indonesia, bwat menegaskan situasi sy kesel. Daan, dikatain gitu, ibunya langsung kesel banget dong, hahaha.. Langsung manyun, bales ngebela diri bilang dy mh ga mw meres, ga nyari uang, bilang masa sy bilang gt, sy ga terpelajar, dy sakit hati, blablabla lah, ga terlalu sy dengerin juga. Tapi yg jelas si Bu Euisnya langsung berkurang drastis belagunya, kek kembali k bumi. Jadi ngewaro lagi. Ga belagu lagi. Dasar, dibaikin malah keenakan. Persetan dy manyun, rasa kasian n bersalah sy dh lenyap berganti jd rasa kesel.

Bu Euis yang langsung jadi kukulutus terus (kukulutus: menggerutu), langsung minta KTP saya. Tentu saja sy ga mw. Enak aja. Terus dy bilang, “Udah sini, mw liat doang”. Sy pastiin, “Bener liat doang?”. Dijawab, “Iya, sok coba sini mana?”. Ok, sy orang jujur, sy percaya orang lain. Sy kasih KTP saya. Dan, KTP sy pun dipegang erat-erat pake dua tangan dibalik badan sm Bu Euis dan ga mw dibalikin. Bu Euis menyita, walau dy sudah mengiyakan bhwa cm liat doang.

Kesel 3: AN**NG. Gw BENCI orang yang ngelakuin perbuatan berlawanan dengan perkataan. Well, one could ask, “Lha km kan dah curiga si Bu Euis bakal nyita, kenapa dikasihin juga?” Masalahnya, sy kelewat idealis. Sy tergila-gila bener sama integritas dan kejujuran. Sy ingin mencoba meyakini, bahwa si ibu itu pun punya pemahaman yang sama tentang pentingnya kejujuran dan integritas. Tapi ternyata? AH. Akhirnya sy hanya tampak sperti manusia polos dan tolol yang gampang ditipu. Tapi kalau sy ga mencoba meyakini si ibu itu akan memegang kata-katanya, gimana orang mw mencoba meyakini bahwa sy akan memegang kata-kata sy? Sampai saat ini sy masih bingung tindakan apa yang paling tepat untuk dilakukan pada situasi seperti tadi. Haruskah sy memegang idealisme, atau haruskah sy menyerah pada godaan untuk tidak memercayai?

Sy muak berurusan sama Bu Euis. Akhirnya sy minta A’Oom ngitung smua biaya perbaikan tanpa termasuk biaya press. 125 ribu. Langsung sy keluarin duit. Bu Euis tadinya ga mw, masi pengen sy ganti biaya press. Katanya, minta orang tua aja. Tapi sy ga mw. Sy bilang, tolong jangan libatin ortu. Bu Euis manyun. Tapi dibalik manyunnya sepertinya dy sadar kelewat sulit ngebujuk sy bayar semuanya. Apalagi sejak KTP sy ditahan, sy berubah jadi sangat tegas, dari semula baik-baik senyum-senyum angguk-angguk. Ekspresi sy jg dh diset jadi mode diktator dari asalnya mode friendly. Akhirnya Bu Euis mw nerima. KTP sy difotokopi, terus dibalikin.

Setelah KTP dibalikin, tandanya sy bisa caw. Sebelum caw, secara sy pria baik-baik, sy minta maaf dulu ke Bu Euis kalau ada ucapan sy yg menyakitkan hati, jg sy minta maaf udah nabrak. Tentunya sy minta maafnya sambil mode baik-baik lagi. Dan Bu Euisnya jadi ceria lagi. Dasar ibu-ibu. Harus ngerasa menang. Huh.

Gw kesel beut berurusan sama ibu-ibu kek gitu. Mudah-mudahan sy ga pernah terlibat insiden apa pun lagi. Aamiin. Apalagi motor sy jg bukannya ga rusak tadi. Lampu sennya copot (bisa sy pasang sndiri untungnya), rem kaki + step bengkok, dan speedometer rusak. Baru itu yang ktauan, coz sy mah meriksa sendiri ga dibawa ke bngkel.

Ah sudlah. Pesan moral yg mw sy titipin ke yg baca:

1. Kalo nyebrang liat kiri kanan dulu. Kalo udah nyebrang jangan diem di tengah jalan.

2. Kalo ga ngerti bener suatu hal, mening jangan komentarin deh, apalagi ikut-ikutan. Cari tau dulu semua fakta.

3. Coba yaa, belajar jujur dan berintegritas. Kepercayaan itu mahal (tausiyah from Wyke -my friend-)

4. Kelalaian membimbing pada kesalahan. Dan biasanya semua kesalahan memberi konsekuensi ga enak. Kalo tau salah dan dapet sesuatu yang ga enak, terima, itu lah harga kesalahan yang dibuat. So, jauhi sikap lalai.

5 thoughts on “Tabrakan Menyebalkan

  1. Emang sih kalo berurusan ma bengkel itu berabe…
    dah beberapa kali denger cerita kayak gini…
    jadi ngebuat saya rada ilfil kalo udah denger kata bengkel….
    *ke-BT-an yang ditumpahkan saat ini juga yang telah menumpuk.
    Soalnya, udah tertanama kalo tukang bengkel itu suka lebay, apalagi kalo dia itu kenalannya sang korban.
    Mmmmmm…..
    makin berabe, makin lebay….

    Keep smilling aja deh…
    *ga tau mau bilang apa…

  2. kagok za… pdhl mah tabrakin yg keras trus kabur… si apis suruh tutupin plat motor kamu… pastinya beres ntar.. he3x…

    sing sabar za… :d

  3. hahaha,, baru baca,, saya kira masalah nabraknya doang,, kronologisnya,, taunya ada juga imbas belakangnya..
    ah,, dimana2 gt, oarng yang lebih tua selalu ngerasa menang ko..
    saya juga nulis tentan tabrak menabrak, tapi ini parah.
    saya korban tapi diteken,, nanya kuliah dimana n angkatan berapa pula.. sok jago..
    yang kek2 gini meng bikin kesel ca,,
    sabar okeh2!!!

  4. @joice
    ahaha, iy makasih, km jg keep smiling ga perlu ilfeel duluan sama bengkel, orang bengkel sebenernya banyak yang baik hati jg ko

    @salman
    keren naon deuih, teu puguh pisan…

    @fandi
    ngaco wae maneh… tapi nuhun.

    @kacang
    makanya jangan jadi korban, heuheu.. nuhun juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s