4. Nasi putih

nasi, kita tau bersama, adalah makanan pokok sebagian besar orang Indonesia. naah, sekarang, kita akan belajar cara masak nasi putih.

Alat:
Rice cooker
Gelas takar
Centong

Bahan:
Beras
Air bersih

Cara Membuat:
1. masukkan beras ke wadah yang ada di rice cooker dengan gelas ukur. muka gelasnya kudu rata (permukaan beras di gelasnya jangan cekung atau cembung).
2. inget-inget masukkin berasnya berapa banyak, misal: 5 gelas. beras 5 gelas kira-kira bisa cukup buat 8-12 orang. setau sy mah, biasanya masak nasi klo pake rice cooker berasnya antara 4-6 gelas.
3. cuci berasnya. cara nyucinya: masukin air ke wadah berisi beras, aduk-aduk. buang airnya. kasi air baru lagi. gitu terus sampe airnya terlihat jernih waktu wadah berisi beras ditambahin sama air. normalnya mah sekitar 5-7 kali ngisi air mestinya dah cukup.
4. kalau airnya ga jernih-jernih (masih ada keruh putih-putihnya) padahal udah bosen nyuci berasnya, y udah udahan aja, yg penting sampe berasnya bisa keliatan. paling kalo nyucinya ga gitu bersih nasinya nanti lebih cepet basi.
5. setelah proses buang air yang terahir dari proses nyuci beras, masukkin air bersih terbaik ke wadah beras. kalo saya mah pake air keran yg udah ditampung di gentong. intinya mah jangan langsung pake air keran pdam. ohya, tapi kalo bwat proses nyuci mah ga papa langsung pake air keran.
6. nambahin airnya disesuaikan dengan skala di wadah di rice cooker. misal tadi masak nasinya 5 gelas, masukkin air sampe air menyentuh skala 5 di permukaan rice cooker. itu kalo berasnya kualitas terbaik. makin jelek berasnya, makin banyak tambahin airnya. misal ky di rumah sy, berasnya kualitas medium, ngemasukkin beras 5 gelas, air dimasukkin sampe setinggi skala 6.
7. colokkin rice cooker.
8. aduk-aduk tiap 15-20 menit sekali. ga diaduk-aduk juga terserah siy, palingan nasinya cepet keras. lagian ngaduk-ngaduk nasi teh susah kata sy mah.
9. tunggu aja sampe rice cookernya “ngejepluk”. pokonya lampu indikator rice cooker nya mati deh. klo dah kejadian, berarti nasinya dah mateng dan siap dimakan.

10 thoughts on “4. Nasi putih

  1. Kalo saia mah, gak diaduk. Diemin aja, ntar masak sendiri. Kualitas hasilnya tergantung jenis beras, banyaknya air serta merk rice cooker nya soalnya rice cooker yang bagus biasa masaknya lebih bagus

  2. @ Kiki : Yang gw perhatiin dari perilaku cowo2 sih….
    Kalo kek gini, biasa persiapan untuk menjadi suami ntar di waktu yang belum diketahui. Jadi misalnya si istri berhalangan masak, ya bisa gantiin git.

  3. ja..masak nasi emang seribet itu yahh..
    stau saya mah da masak nasi di rice cooker teh gada acara ngaduk-ngaduk segala, kecuali 1. bikin nasi liwet (nasi berbumbu) 2. rice cookerna dah rada rusak (panasnya ga merata),

    oh ya, punten, kalo nyuci beras teh jangan sampe bersih amat air berasna..gada kandungan gijina atuh, mang!!! satu lagi kalo biar ga cepet basimah, tips ti emak, peralatan untuk memasak teh harus benar-benar bersih (tidak berbau, berlemak, berwarna, j ber-sb/ jeung ‘ber’-sajabana)

  4. ckck, gitu aj ribet…
    hah jd gizinya teh adany d berasnya ataw di putih-putih yang terbuang bersama air cucian beras, ko sy jd g ngerti. lagian emang gizinya nasi apa selain karbohidrat?:-/

  5. hasil googling dari gizi.net

    silakan di baca..

    Komposisi Gizi
    Komposisi kimia beras berbeda-beda tergantung pada varietas dan cara pengolahannya. Selain sebagai sumber energi dan protein, beras juga mengandung berbagai unsur mineral dan vitamin (lihat tabel). Sebagian besar karbohidrat beras adalah pati (85-90 persen), sebagian kecil pentosan, selulosa, hemiselulosa dan gula. Dengan demikian sifat fisikokimia beras terutama ditentukan oleh sifat fisikokimia patinya.

    Protein adalah komponen kedua terbesar beras setelah pati. Sebagian besar (80 persen) protein beras merupakan fraksi tidak larut dalam air, yang disebut protein glutelin. Sebagai bahan makanan pokok di Indonesia, beras dalam menu makanan masyarakat menyumbang sedikitnya 45 perse protein.

    Beras pecah kulit rata-rata mengandung 8 persen protein, sedangkan beras giling mengandung 7 persen. Dibanding biji-bijian lainnya, kualitas protein beras lebih baik karena kandungan lisinnya lebih tinggi. Walaupun demikian lisin tetap merupakan asam amino pembatas yang utama (terkecil jumlahnya) dalam beras.

    Kandungan lemak beras pecah kulit adalah 1,9 persen, sedangkan pada beras giling hanya 0,7 persen. Itu berarti sekitar 80 persen lemak terdapat dalam dedak dan bekatul, yang terpisah dari beras giling saat penyosohan. Ditinjau dari segi keawetan beras, hal ini menguntungkan karena lemak mudah teroksidasi dan mengakibatkan timbulnya bau tengik.

    Proses penyosohan juga mengurangi kadar mineral pada beras giling. Sebagian besar mineral terdapat pada bagian dedak dan hanya sekitar 28 persen yang tertinggal pada beras giling. Komposisi mineral bervariasi tergantung dari kondisi tanah dimana padi ditanam. Unsur mineral utama adalah fosfor, kalsium, magnesium dan besi.

    Beras pecah kulit mengandung vitamin lebih besar daripada beras giling. Vitamin terkonsentrasi pada lapisan bekatul dan lembaga. Penyosohan menurunkan dengan drastis kadar vitamin B komplek sampai 50 persen atau lebih. Beras mengandung vitamin C dan D dalam jumlah yang sangat kecil atau tidak sama sekali.

  6. I seldom comment, but i did a few searching and wound up here 4.
    Nasi putih | rizasaputra. And I actually do have a few questions for you if you do not mind.
    Could it be simply me or does it give the impression like some of the comments appear like they are left by brain dead individuals?😛 And, if you are posting on additional sites, I’d like to follow everything fresh you have to post. Could you make a list of every one of all your public pages like your twitter feed, Facebook page or linkedin profile?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s