5. Sop Baby Afternoon

gyahahaha, siang ini untuk pertama kalinya seumur-umur saya nyoba bikin sop! kenapa sy bikin, habisnya hari ini ibu sy males masak, dan mau beli makan bwat sendiri aja, sementara nasib sy mah ga jelas… naah, daripada sy kudu keluar duit bwat beli makanan, mening sy masak aja dong pake bahan-bahan yg ada di rumah, at least sy ga keluar duit.

ibu sy nyaranin bikin sop aja. naah, meski sy ga tau sm skali gimana cara bikin sop, ywdah sy nurut aja. berbekal petunjuk ibu sy bahwa bikin sop itu yg penting bumbu awalnya adalah tumisan bawang merah, bawang putih, bawang daun, dan tomat, sy menciptakan suatu genre baru di kancah persopan, yang sy kasi judul Sop Baby Afternoon!

Berikut ini adalah resepnya: (tingkat kesulitan: pemula)

Sop Baby Afternoon. Untuk (mudah-mudahan bisa) 8 orang

Alat:
1 Panci
1 Penggorengan
1 Susuk
1 Piring
1 Pisau
1 Wadah kecil
1 Sendok sayur
1 Talenan
1 Mangkok

Bahan:
Sekaleng kornet
Gula merah
2 batang jagung kecil
2 wortel
4 buncis
bawang daun
2 tomat
2 telor
4 bawang merah
4 siung bawang putih
10 baso sedang
3 cengek
1/2 apel
keju batang
garam
merica
royco
pecin
blue band

Cara membuat:

Isi sop:
1. balikin lagi kornet dan gula merah ke tempat semula. setelah dipertimbangkan masak-masak, kekna dua bahan ini ga akan ada di masakan yang namanya sop.
2. cuci sebuah tomat, buang bagian atas dan bawahnya, terus iris. ga perlu tipis-tipis ngirisnya, ukuran irisannya jg ga perlu sama, intinya kalo ga bisa, ga usah maksain. tampung hasil mengiris di sebuah piring.
3. ambil bawang daun. (kalo ga tau, bawang daun tuh sayuran ijo yang akarnya serabut dan bercabang banyak kaya kaki gurita, cirinya bawang daun tuh panjang ijo dan lemes). sobek satu kaki, cuci, buang ujung-ujungnya, iris. sekali lagi, irisnya semampunya aja. tampung hasil mengiris di piring yang tadi.
4. ambil 4 buncis, cuci, buang ujung-ujungnya, iris semampunya, tampung di piring yang sama.
5. ambil 2 batang jagung kecil, cuci, buang ujung-ujungnya, iris semampunya, tampung di piring yang sama.
6. ambil 2 wortel, kupas (sebenernya sy ga tau wortel tuh sebenernya perlu dikupas atau ga, yg jelas sy berusaha membuang suatu lapisan terluar wortel, cari aman aja lah), cuci, buang ujung-ujungnya, iris semampunya (terserah mau diiris tegak atau miring), tampung di piring yang sama.
7. ambil 3 cengek, cuci, buang ujung atasnya, iris semampunya, tampung di piring yang sama.
8. ambil apel, potong jadi 2. setengah bagian dimakan aja atau dimasukkin ke kulkas, setengahnya lagi dikupas, dicuci, dipotong sesukanya (usahakan hasil potongannya kecil atau tipis, terserah), terus tampung di piring yang sama.
9. ambil 10 baso ukuran sedang, cuci, belah jadi 4, tampung di piring yang sama.
10. ambil 2 telor, pecahkan, simpan di wadah kecil. kasih garam semaunya (tapi kayanya ga dikasih juga ga papa). naah, nyiapin isi sop udah selesai, sekarang, nyiapin bumbu.

Bumbu sop:
1. sadari ternyata tomat dan bawang daun itu untuk bumbu dan bukan untuk isi sop. ambil irisan tomat dan bawang daun dari piring yang tadi. ambil semampunya aja. atau kalo males, ga diambil juga gapapa.
2. ambil sebuah tomat, cuci , buang bagian atas dan bawahnya, terus iris, sisihkan di sisi talenan.
3. ambil bawang daun, sobek lagi satu kaki, cuci, buang ujung-ujungnya, iris, sisihkan di sisi talenan.
4. ambil 4 siung bawang putih, kupas, cuci, iris semampunya, pokonya yg penting jadi kecil atau tipis. sisihkan di sisi talenan.
5. ambil 4 bawang merah, cuci, kupas, iris semampunya, sisihkan di sisi talenan.
6. tumis semua tomat, bawang daun, bawang putih, en bawang merah di talenan.
catetan: menumis = mengoseng-oseng dengan minyak sedikit. jadi pertama masukkin minyak sedikit ke penggorengan, nyalain api kecil agak sedang, terus ratain minyaknya di wajan. masukkin semua bahan bumbu tadi, balik-balikkin sampe harum dan mateng. kalo di penggorengan udah mule muncul kerak-kerak coklat, berarti gosong. segera matiin api.

Sop:
1. masukin air ke panci kecil. kira-kira 3/4 panci lah. tunggu mendidih.
2. masukin garam, merica, royco ke dalam air mendidih itu.
3. masukin bumbu sop yg udah ditumis.
4. masukin semua isi sop di piring.
5. masukin telor.
6. aduk-aduk pake sendok sayur.
7. masukin blue band sesukanya, kalo sy tadi sekitar sepanjang 10 cm dari lubang di plastik. ini teh mungkin sekitar 120 gram kalo berat jenis blue band 1 gram/cm-kubik.
8. parud (serut) keju batang langsung di atas sop.
9. cicipin, kalo rasanya ga karuan, coba diatur-atur aja, tambahin garamnya, tambahin mericanya, tambah royco lagi, kasih pecin, atau kurangin airnya. pokonya sampe rasanya bisa diterima lidah lah…
10. hidangkan ke mangkok.
11. kasih bawang goreng. voila, selesai!

ini screenshot semangkok sop baby afternoon:

sop baby afternoon

sop baby afternoon

gyahahaha, jadi deh! ada evaluasi dari sy sndiri:
sop baby afternoon, rasanya enak menjurus biasa aja. kesalahan paling fatal adalah masukkin apel, karena apelnya malah jadi ga enak ternyata. ga akan lagi-lagi deh masak apel. selain itu, masukkin telor 2 buah juga agak kurang kerasa.. mungkin kudunya telornya empat. keju juga kekna tadi ngasinya kesedikitan, jadi ga kerasa ada kejunya. yang mantap cengeknya, jadi kalau lagi beruntung kemakan cengeknya, pas di tengah-tengah makan sop dengan rasa sop (bingung sy rasa sop teh gimana, gurih kali ya), akan muncul sensasi pedas yang menyengat, mantap!

nah, kalau anda adalah pemasak pemula seperti saya yang lagi ga ada kerjaan, ga ada salahnya nyobain bikin sop ini, syapa tau anda ternyata suka dan jadi ketagihan! heuheu…

6 thoughts on “5. Sop Baby Afternoon

  1. Sebagai ahli masak, ada beberapa hal yang dapat dievaluasi dari resep di atas. :))
    Pertama2 sebelum memberikan evaluasi, kita patut bersyukkur kepada Yang Maha Kuasa karena sop ini tidak menimbulkan kematian. :))
    Adapun evaluasi saya adalah sebagai berikut :😛

    1. Untuk sop, bawang daun sebaiknya diiris tipis2. Lebih enak kalo ditambah dan sop/seledri.
    2. Jagung kecil di sini apakah baby corn ato jagung biasa (entah manis entah tawar)yang berukuran kecil?
    Kalo babycorn diiris2 emang.Tapi setau saya seringnya untuk ditumis deh. Kalo jagung biasa namanya disisir.
    3. Apel belum pernah saya dengar dimasukkan ke dalam sup. Kalo makanan lain apel dapat di-mix-kan dengan bahan lain.
    4. Telornya kurang dipaparkan di sini apakah diorak-arik in di dalam sup ato dituangin doang.
    5. Biasa bumbu untuk sop itu bawang putih dihaluskan dengan merica/lada.

  2. emm..
    1. baik nyonya, lain kali deh kalo suatu saat sy masak lagi
    2. sy g tw baby corn itu apa, jd sy ga tw apa yg sy masukkin itu
    3. benar sekali, apel di sop adalah kebodohan
    4. emm, bingung, waktu itu, telorny sy tuangin doang, tapi habis itu air sopnya sy aduk-aduk, jadi gimana tuh
    5. lada teh yg ky gimana sy ga tw, yg bulet-bulet ky peluru bukan? sy ga tw gimana cara ngehalusinnya, dikasih ponds?

  3. jihh..
    seer pisan bahan makanan nu mengandung lemkana..
    kahade..ulah seer teuing menggunakan keju, telor..
    nu aya kolesterol mang!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s