No audio devices are installed

setelah dulu-dulu smpet nulis tentang komputer yang ga ada suaranya di sini, kemarin-kemarin lagi-lagi saya ngalamin masalah yang sama. kali ini, PC sy yang OSnya windows 7 RC, bilang “No audio devices are installed” pas sy dobel klik logo speaker yg ada d pojok kanan bawah desktop. solusi yang saya bilang di postingan itu pun, ternyata ga berlaku. coz, setelah sy buka dxdiag, disitu kan katanya merk dan tipe motherboard sy itu Biostar N61PB-M2S, naah pas masuk ke website Biostar, somehow tipe motherboard sy itu ga terdaftar, aneh deh -_-‘

untungnya, ternyata kehilangan driver itu bukan satu-satunya penyebab hilangnya suara di komputer. selidik punya selidik, ketiadaan suara di kompie sy kali ini itu gara-gara di settingan BIOS, entah kenapa settingan audio saya jd disabled. jd, ini langkah-langkah sy dalam mengatasi masalahnya:

1. restart komputer

2. langsung pencet DEL terus terusan supaya masuk settingan BIOS (pada komputer lain, untuk masuk settingan BIOS mungkin pake F1, F2, Esc, atau F10)

3. di settingan BIOS, pilih load optimized settings (lupa sy kalimatnya, pokonya yang ada kata2 optimizednya), lalu enter

4. ketik Y, enter

5. save changes & exit, enter

daann,, terorett.. komputer suaranya muncul lagii, audio devices pun kedetect lagišŸ™‚

naaahhh, btw FYI, ini sy dapet dari forum2 d internet, kalau kompie ilang suara, untuk ngatasinnya selain dengan cara install ulang driver terbaru motherboard komputer anda, cek juga settingan BIOSnya. kalo ga ngerti langsung pilih yang ada kata-kata optimized ajaa. naah, kalau ini ga jalan juga, masuk Ā search programs and files (di bagian start kalo pake windows 7), ketik services.msc. terus, masuk bagian yang tulisannya Power. dobel klik. naah, disana, pastikan bahwa si Power itu statusnya ga disabled. naah, sekian dulu, mudah-mudahan ga repot lagi klo ngalamin masalah ini yakšŸ˜€

26 thoughts on “No audio devices are installed

    • hmm, kurang tau juga tuh.. coba cari tau dulu versi BIOSnya, caranya masuk Start, pilih Run, terus ketik MSINFO32.

      habis itu, google lagi gimana cara settingan sound untuk BIOS km, maaf ya ga bisa bantu detail

  1. Ping-balik: 2010 in review « rizasaputra

  2. Udah bro, tp tetap g ada soundx. Di services.msc jg g
    bisa, muncul pesan ‘the plug and play service or another required service is not available. Help dong!

    • masih di services.msc, coba cari tulisan Plug and Play, nah itu coba di enable/di-start dulu, terus lanjutin ke cari tulisan Windows Audio Service, itu di start/di-enable juga, terus coba restart komputernya..

  3. Mas,,,,Cara Lihat type Motherboard laptop gimana yah Hohoh….Laptop saya Ga ada driver audionya,,,Bingung mau download dimana…

  4. saya sudah install macam2 alc662 6 chanel untuk winxp tapi tetep sound nya ga ada pas di cek di device manager atau di dxdiag, di bios pun enabel. di update pun sound nya tetep ga muncul. cara apalagi yg harus dilakukan????

  5. klw modem sy pas swktu mau calling kog da tulisannya audio device is not found padahal suara dilaptop sy keluar..permasalhannya da dimana ya ??
    tlong msukannya ya !!

  6. Halo Bro, saya coba cara di atas ini kok tidak ada yang load optimiz di window xp , dan saya cari di devine manager tidak ada sound card dan di dxdiag sound juga sound card not found , dan banyak di devine manager yang kuning, boleh minta tutorial untuk Window XP ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s