Menonton film dengan ekstensi *.avi di Nokia 5230

Handphone jaman sekarang fungsinya udah bukan cuma alat komunikasi lagi. Seiring semakin canggihnya fitur-fitur yang dimiliki handphone, kita jadi bisa ngelakuin banyak hal di handphone, salah satunya adalah nonton film. Untuk bisa nonton film/video di handphone, biasanya video nya formatnya mesti berakhiran *.3gp atau *.rmvb (kalo ga salah), padahal banyak beut film yang ekstensi-nya *.avi.

Untuk bisa nonton film yang berekstensi *.avi ini biasanya kita mesti ngonvert dulu filmnya jadi ekstensi *.3gp supaya bisa ditonton di handphone, yang mana untuk ngonversi satu film ini biasanya makan waktu lamaaa… Tapi, ternyata oh ternyata, ada solusi lain yang lebih praktis, yaitu dengan make software SmartMovie. Tapi, setau sy SmartMovie ini cuma jalan di handphone berbasis Symbian sih. Selain itu, kebanyakan SmartMovie yang beredar di Rapidshare, 4Shared, dll gitu ga support handphone yang touchscreen.

Naah, untungnya ternyata ada SmartMovie yang support buat hape Nokia 5230 (dan nampak support juga untuk 5800, sm 5530). Mangga didonlot disini. Ini ukuran file nya gede, tapi sebenernya yang nanti kepake cuma yang di dalam folder SmartMovie v4.10 Cracked by Antor, pilih file SmartMovie v4.10 Cracked by Antor.sis. Masukin file itu ke handphone, terus install dari handphone. Ini softwarenya udh dicrack, jadi enak ga perlu mikirin lagi masalah signed-signed gitu.

Kalau ada kelemahan dari SmartMovie ini, dia itu ga bisa baca subtitle yang formatnya *.srt, padahal kebanyakan subtitle film formatnya *.srt kan. Untuk ngatasinnya, kita harus ngonvert subtitle yang formatnya *.srt itu jadi *.sub (microDVD). Untuk ngonvertnya, bisa pake software yang bisa didonlot disini. Yang penting, pas kita ngonvert, kita sesuaikan frame rate nya dengan frame rate film. Untuk tau frame rate film, caranya: di komputer, klik kanan file film.avi kita, terus pilih properties, terus pilih detail. Jangan lupa, nama file subtitlenya harus sama dengan nama file filmnya.

Kalau semua udah, tinggal masukin file film dan file subtitlenya ke satu folder, copy ke handphone, buka SmartMovie di handphone, and enjoy watching!

One thought on “Menonton film dengan ekstensi *.avi di Nokia 5230

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s