Galau

Kata orang, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Kata saya, belum tentu. Bisa jadi, setelah mengerahkan seluruh usaha terbaik, mempelajari semua kisah sukses dari orang lain, berusaha keras mengubah diri, dan mencoba mengulangi hingga puluhan kali pun kita tetap gagal.

Mari ambil contoh, katakanlah, kita adalah seseorang yang sedang ingin membina hubungan serius dengan pasangan pujaan hati. Pada mulanya, kita berusaha memberhasilkan hubungan yang dijalin dengan selalu mengerahkan usaha terbaik kita. Tapi, bisa saja tetap ada banyak aspek dari kita yang tidak disukai pasangan kita, dan hubungan yang dijalin pun bisa bubar. Misalnya, kita pada dasarnya adalah seseorang yang sangat egois sedangkan pasangan adalah seseorang yang sangat manja. Kita lalu mencoba selalu berkorban sejauh kita bisa, tapi bisa saja menurut standar pasangan kita kita masih sangat egois dan tidak memanjakan dia. Usaha terbaik kadang tidak cukup.

Kita lalu mempelajari trik dan kisah sukses orang lain dalam membina hubungan. Kita membaca artikel dan sharing dengan teman tentang bagaimana mengurangi ego, mendewasakan pasangan yang manja, menangani sebuah hubungan penuh konflik. Akan tetapi, boleh jadi semua situasi percontohan tersebut tidak ada yang dapat dijalankan triknya pada hubungan kita sendiri. Semuanya gagal, karena kondisi masalah semua orang memang tak ada yang sama. Beberapa trik mungkin dapat menyelesaikan sebagian masalah, tapi tidak seluruh masalah. Kisah sukses orang lain juga tidak cukup.

Akan tetapi, karena kita benar-benar ingin menjalani hubungan yang berhasil, mungkin karena kita sangat mencintai pasangan kita, kita lalu mencoba mengulang berkali-kali menjalin hubungan dengan si dia. Pada setiap hubungan, kita berusaha terus pushing the limit dari usaha terbaik kita sebelumnya, terus belajar dari berbagai sumber, hingga kita sudah seperti orang lain saja jika dengan pasangan, sudah seperti manusia sempurna, tapi bisa saja kita tetap gagal. Mengubah kebiasaan, karakter, dan sikap tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat dan juga sangat sulit. Sedikit tekanan bisa menyebabkan kita jatuh dan menyebabkan kita, meski hanya seketika, kembali ke pribadi kita yang paling awal, dengan segala kebiasaan buruk kita yang tidak dapat diterima oleh pasangan. Jika hal ini terjadi pada momen yang salah, ditambah dengan kejenuhan pasangan kita yang sudah tidak mempercayai kita lagi sama sekali, hancurlah sudah harapan kita mencapai tujuan kita dan sia-sialah semua usaha yang telah kita lakukan.

Pada titik ini, saya rasa yang tepat dilakukan adalah menerima fakta bahwa kita sudah gagal, dan menetapkan tujuan baru. Begitu pula lah dalam hal lain, jika anda saat ini selalu gagal dalam mengejar sesuatu hal dalam karier, asmara, atau kesehatan (udah kaya ramalan bintang), mungkin sudah waktunya anda memikirkan mengejar tujuan lain. Karena mungkin anda memang tidak berjodoh dengan apa yang anda kejar, tak peduli anda pernah sedekat apa dengan kesuksesan dalam hal yang anda kejar. Karena mungkin, anda memang tidak berjodoh dengan apa yang anda kejar.

– Tulisan galau dari gua yang lagi melankolis walau tetap cengar-cengir sehari-hari dan lagi terpukul akibat kegagal-totalan beruntun dalam 4 bidang dalam 2 minggu ini padahal tadinya yakin semuanya 100% akan sukses. “They are always laughing to hide the weight burden they bear”.

One thought on “Galau

  1. gw s7 bgt bicouse kegagalan 2 k brhsilan yg tertunda,tp hbgn psngan g sllu baik ada khncuran kekecwean,z kt mlai khdpbr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s