Sejarah Dunia Versi Islam

Beberapa waktu silam, sama atasan di kantor saya dipinjemin buku yang berjudul: Dari Puncak Baghdad — Sejarah Dunia Versi Islam. Bukunya menarik sekali menurut saya. Selain menceritakan keadaan dunia Islam di masa awal berdiri, di masa jayanya, masa-masa kehancurannya, hingga saat-saat sebelum masa modern, dari buku ini saya mendapat penjelasan yang mudah dipahami tentang berbagai isu dunia Islam kontemporer, misalnya:

– kenapa ada Syiah ada Sunni?

– kenapa Islam yang begitu berjaya, saat ini seolah-olah tenggelam oleh peradaban dunia Barat?

– dengan begitu banyaknya ilmuwan besar Islam di masa lalu, kenapa sekarang penguasaan teknologi termutakhir begitu didominasi non-Muslim?

– gimana perkembangan nasionalisme dalam Islam, dan perkembangan negara-negara dengan mayoritas penduduk Islam?

– kenapa saat ini peran wanita di Islam seolah-olah sangat dibatasi hanya di ranah domestik padahal pada zaman Nabi aja ga gitu-gitu amat?

– apa tiga aliran besar Islam yang berkembang saat ini? (Wahabi, Islam moderat, Islam versi Jamaludin al-Afghani)

Buku ini ditulis dengan gaya bahasa yang ringan dan mengalir, dan terutama, font dan spacingnya nyaman dibaca. Mau dibaca ditamatin pelan-pelan dengan dibaca sekali-kali di waktu luang cocok, mau ditamatin sekaligus juga seru. Recommended lah bukunya kata saya mah. Berikut ini sy salinkan tajuk buku ini dari tokobukutasawuf.wordpress.com:

Harga : Rp 100.000,-

Penulis: Tamim Ansary

Penerbit: Zaman

Bukalah buku pelajaran sejarah dunia mana pun, maka kerap kita temukan sejarah yang selalu diceritakan dari sudut pandang barat, dalam urutan yang sudah baku, mulai dari Lembah Nil dan Mesopotamia, melalui Yunani dan Roma lalu Revolusi Prancis, hingga bangkitnya negara sekuler dan kejayaan demokrasi. Islam hanya merupakan sebuah bab pendek dalam kisah panjang sejarah dunia itu, digabungkan dengan cerita tentang beberapa peradaban lain yang dianggap pinggiran. Sejarah versi Barat menganggap kecil sebuah peradaban yang pernah menjadi pusat sejarah dunia dan yang memiliki narasi berbeda selama ribuan tahun.

Bagaimana jika sejarah dunia itu ditampilkan dari sudut pandang Islam, seperti apakah panorama yang akan terlihat? Itulah yang diupayakan Tamim Ansary dalam buku ini. Dia menguraikan sejarah dunia sejak dari masa Muhammad hingga kejatuhan Kekaisaran Utsmani dan seterusnya. Dia menjelaskan mengapa peradaban Barat dan Islam seperti saling tidak kenal, dan apa yang terjadi ketika keduanya bersimpang jalan. Ditulis dalam gaya bercerita yang menghibur, buku ini juga menawarkan sebuah perspektif penting tentang konflik dunia dewasa ini.

Tamim Ansary, Sejarawan dan Sastrawan Dunia

 

2 thoughts on “Sejarah Dunia Versi Islam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s