Salah Kaprah

Menurut saya, ada beberapa salah kaprah yang terbudayakan di masyarakat Indonesia. Di sini saya akan membahas dua di antaranya.

1. Arah pejalan kaki

Di Indonesia, sangat lazim kita melihat orang-orang berjalan searah dengan kendaraan bermotor, yaitu di sisi kiri jalan. Ini adalah sikap yang berbahaya, karena seharusnya pejalan kaki berjalan berlawanan arah dengan kendaraan bermotor. Dengan berjalan berlawanan arah, kita bisa melihat kendaraan yang datang ke arah kita, dan kita bisa menghindari kecelakaan. Dengan berjalan searah, resiko terjadi kecelakaan (pejalan kaki tertabrak) menjadi lebih tinggi karena kita tidak dapat melihat kendaraan yang menuju ke arah kita.

2. Pakaian sehari-hari

Hampir semua kantor di Indonesia yang saya tahu mewajibkan pegawainya (terutama pria) untuk mengenakan kemeja, dan ketika jalan-jalan, para pria mengenakan kaos. Menurut opini pribadi saya, seharusnya, ketika bekerja, pria itu mengenakan kaos karena kaos itu lebih nyaman dan praktis dipakai. Kalau kita bekerja dengan nyaman, tentu semestinya produktivitas kerja kita bisa lebih baik. Sedangkan, ketika jalan-jalan, barulah pria mengenakan kemeja, karena dengan mengenakan kemeja pria terlihat lebih keren, rapi, dan menarik, sehingga lebih enak dilihat orang ketika jalan-jalan. Kalau orang-orang enak melihat kita ketika jalan-jalan, ujung-ujungnya kita juga akan merasa senang.

One thought on “Salah Kaprah

  1. Poin pertama sama seperti yang ibu saya katakan.😀 Kalo jalan di sisi sebelah kanan lebih aman. Sama persis alasannya seperti yang Mas Riza tulis.🙂

    Perihal poin kedua, itu ada benarnya, tapi jangan lupakan masing2 pribadi orang. Siapa tahu ada orang yang merasa bisa beradaptasi dengan kemeja. Bukan tak mungkin yang awalnya terpaksa pakai kemeja malah jadi suka sama kemeja, dan merasa nyaman.🙂

    Tapi asik juga ya kalau bisa melihat para PNS memakai pakaian yang santai, seperti baju safari begitu.:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s