Top 10 Manga

Udah lama banget sy ingin bikin postingan tentang ini, yaitu top 10 manga paling rame yg pernah sy baca menurut sy. Dari sejak pertama kali kenalan dengan manga itu waktu dikasih setumpuk manga Dragon Ball pas disunat, sampai sekarang sy udh baca beberapa judul. Sy coba list dulu ah apa aj yg pernah dibaca sbg pemanasan sebelum milih 10 yg terbaik, mudah-mudahan ingetan sy masih bagus pernah baca apa aja.

Action: Dragon Ball, Kungfu Boy (smua seri), Vagabond*, One Piece**, Naruto**, Bleach**, Rurouni Kenshin, Rave, Fairy Tail**, Code Breaker**, Legenda Naga, Shanao Yositsune, Vinland Saga**, Yu-Gi-Oh (semua seri), Pokemon*, Inuyasha*, Hunter x Hunter, Full Metal Alchemist, Beelzebub**, One Punch Man**

Cewe: Salad Days*, La Corda d’Oro*, Kitchen Princess*, Otomen,  Miiko*, Sailor Moon*, Cardcaptor Sakura*

Humor: Kungfu Komang*, Crayon Shinchan**, Kobo Chan*, Kariage Kun*, Doraemon*, Gokusen*, School Rumble, Ninja Rantaro*

Misteri: Detective Conan**, Detective Kindaichi*, Q.E.D*, Death Note

Olahraga: Shoot (semua seri)*, Fantasista, Lost Man**, Offside*, Prince of Tennis*, Eyeshield 21, Hajime no Ippo**, Shot Breaker*, Capt Tsubasa*, Slam Dunk*, Harlem Beat

Other: Pluto, 20 Century Boys, 21st Century Boys, Monster, No Bra, Reversible**, Hourou Musuko**, Homunculus*, Team Medical Dragon, Master Keaton*, Sentaro*, Magister Negi Magi*, Beck, Hikaru no Go*, Shaman King, Chobit, Death Notice**, Tokkyu**

Note: * artinya ga semuanya sy baca dari no pertama smpe no terahir. ** artinya serinya masih ongoing.

And, here it is the top 10 list😀

10. Bleach

Bleach bercerita tentang petualangan tokoh utamanya yang namanya Ichigo Kurosaki sebagai seorang Shinigami (malaikat maut). Apa yang luar biasa dari manga ini menurut sy adalah unsur surprise yang tidak tersaingi oleh manga-manga lain, pengarangnya sangat lihai menghadirkan kejutan dalam jalan cerita. Yang sy ga suka adalah, kadang adegan pertarungan terlalu panjang, jadi berchapter-chapter isinya cuma tentang pertarungan aja, padahal gambar pertarungannya ga jelas (kt sy mah). Kekurangan lainnya adalah, menurut sy Bleach ini cocok kalau kemarin ditamatin setelah tokoh utamanya mengalahkan tokoh super jahatnya, dengan bayaran yang harus ditebus berupa hilangnya kekuatan si tokoh utama, eh tapinya ceritanya malah dipanjangin lagi sama pengarangnya, dibuat kisah/topik baru, kaya sinetron aja. Tapi gapapa juga sih, soalnya kisah barunya seru, dan lagi-lagi, bener-bener mengejutkan😀 Sampai sekarang Bleach masih ongoing dan sy tunggu chapter terbaru scanlationnya tiap hari Kamis/Jum’at😀

9. Hajime no Ippo (Fight Ippo)

Hajime no Ippo bercerita tentang perjalanan hidup tokoh utamanya Ippo Makunouchi dari asalnya anak SMA korban bullying sampai jadi juara tinju Jepang (dan mungkin nantinya jadi juara dunia). Yang sy suka dari manga ini adalah, meski puanjangg banget, tapi somehow ga ngebosenin. Adegan pertarungan (1 pertandingan tinju) jg bisa makan banyak banget chapter, tapi sy ga bosen karena gambarnya detail dan jurus-jurusnya jd bisa dimengerti. Btw ni komik pas awal-awal gambarnya jelek, sekarang setelah sekian ratus chapter (sekarang kira-kira komik ini udah sampe volume 90) gambarnya udah bagus. Hajime no Ippo ini sampai sekarang masih ongoing, tp chapter scanlationnya keluarnya ga bisa diprediksi, biasanya sih antara Sabtu-Rabu.

8. School Rumble

School Rumble adalah manga komedi romantis yang luar biasa kocak. Ceritanya berkisar di kehidupan sekitar tokoh utamanya yang super lugu (atau bodoh? :p) yang namanya Tsukamoto Tenma, baik nyeritain tentang gengnya (Suou Mikoto, Akira, Eri Sawachika), tentang cowo yang ngejar-ngejar dia (Harima Kenji), atau tentang cowo yang dia suka (Karasuma). Tapi inti ceritanya sih cinta segitiga Harima – Tenma – Karasuma. Yang sy suka dari manga ini adalah kocaknya bukan main, bener-bener bisa bikin ketawa sendirian, manga terlucu yg pernah sy baca menurut sy, dan animenya pun sama kocaknya luar biasa😀 Yang sy ga suka dari manga ini adalah kalau lagi nyeritain kisah sampingan tentang temen-temen sekelas yg lain yang bukan Tenma dan gengnya, suka ga rame soalnya cerita sampingannya hehe. School Rumble udah tamat, tapi klo di Indonesia masih bersambung di Shonen Magz kalau ga salah.

7. Dragon Ball

Ini lah manga pertama yang sy pernah punya seumur hidup😀 Dragon Ball bercerita tentang petualangan seumur hidup tokoh utamanya Son Go Ku dari sejak dia kecil sampai pas tamatnya dia udah punya cucu. Dragon Ball sendiri adalah bola ajaib yang jumlahnya di dunia hanya ada 7, dimana jika ketujuh bola terkumpul di tempat yang sama akan muncul naga yang bisa mengabulkan 3 permintaan, apa pun permintaannya. Yang sy suka dari manga ini adalah gambarnya keren, ceritanya rame, disisipi humor dengan baik, dan dengan kisah tokoh utamanya yang lengkap dari mulai dia masih kecil sampai jadi tua dan menghadapi berbagai macem musuh yang makin dia tua musuhnya makin jago dan berbahaya, rasanya jadi timbul semacam “affection” sama si tokoh utamanya. Manga ini udah tamat dari jaman kapan.

6. Doraemon

Doraemon! Siapa yang ga tau manga legendaris yang satu ini. Bercerita tentang Doraemon, robot yang datang dari abad 22 dengan membawa berbagai peralatan ajaib untuk menolong Nobita yang sangat ceroboh. Ada banyak hal yg sy suka dari Doraemon, diantaranya: pengarangnya sangat imajinatif, banyak peralatan ajaib yang sekarang sudah bisa terwujud ada. Selain itu, manga ini juga memberi pelajaran moral yang baik, karena biasanya yang menyalahgunakan alat ajaib akan mendapat kesialan pada akhirnya. Dan, yang paling utama, somehow rasanya sy ga bosen-bosen baca Doraemon; meski udah apal di luar kepala apa ceritanya, tetep aja Doraemon ini enak untuk jadi bacaan ringan yg ga perlu mikir untuk menemani saat makan. Btw dulu pas kecil, saking kepengaruhnya sama ni manga, sy suka sering sampe mikirin dan ngelamunin Nobita dan Doraemon dan teman-temannya haghag. Yang sy tau sih, pengarang manga ini keburu meninggal sebelum manganya tamat.

5. Team Medical Dragon

Team Medical Dragon adalah manga yang bercerita tentang tim bedah jantung yang dipimpin oleh dokter jenius Asada Ryutaro. Saking jeniusnya Asada-sensei, hampir semua pasien, sesulit apa pun kondisinya, bisa diselamatkan, walau pun di manga ny pernah juga digambarkan ada juga pasien yang ahirnya tidak tertolong. Yang sy bener-bener suka dari manga ini adalah, manga ini banyak menggunakan istilah medis dan memberi penjelasan tentang istilah medis tersebut, serasa sangat edukatif (walaupun setelah dikasih penjelasan pun rasany tetep aja ga ngerti haha). Jalan ceritanya – yang banyak berkisar tentang berbagai operasi bedah yang dilakukan dan juga intrik-intrik politik rumah sakit – juga sangat rame. Manga ini ada doramanya, dan meski doramanya rame, doramanya ceritanya agak beda sama manganya, dan menurut saya masih ramean manganya. Sayangnya, resource Team Medical Dragon ini di internet sangat sedikit, saya ga bisa nemuin scanlationnya yang lebih update dibanding komik versi cetak di Indonesia. Sampai saat ini Team Medical Dragon belum tamat (kayanya). Saat ini versi cetak Team Medical Dragon di Indonesia udah tamat di nomor 25.

4. Fantasista

Fantasista adalah manga dengan genre olahraga terbaik yang pernah sy baca. Fantasista bercerita tentang perjalanan karir Teppei Sakamoto dari asalnya seoarang anak yang kesepian hingga terpaksa main bola sendirian di pulau sampai akhirnya dia jadi pemain AC Milan dan andalan timnas Jepang. Manga ini gambarnya bagus (baik gambar ekspresi pemain, background, dll), ceritanya oke (baik cerita ttg apa yg terjadi di dalam maupun di luar lapangan sama2 seru), dan yang membedakan dia dengan komik-komik sepakbola lain adalah, Fantasista bener-bener logis. Ga ada jurus tendangan halilintar, kiri ajaib, dll. Tapi, meski jurusnya ga ajaib, tetep aja kerasa hebatnya si tokoh utamanya. Manga ini sudah tamat.

3. Rurouni Kenshin (Samurai X)

Rurouni Kenshin bercerita tentang seorang mantan pembantai bernama Kenshin Himura yang berubah menjadi seorang pengembara yang berprinsip untuk tidak pernah lagi membunuh orang dan mengembara berkeliling untuk melindungi orang-orang. Dalam pengembaraannya, Kenshin akhirnya menemukan teman-teman baik seperti Kaoru, Sanosuke, dan Yahiko. Yang sy suka dari manga ini adalah gambarnya bagusss, ceritanya serius dan rame, humornya segar, ada romannya juga, ini benar-benar manga yang sangat lengkap menurut sy. Rurouni Kenshin di Indonesia beredar juga dengan nama Samurai X, dan udah tamat.

2. Death Note

Tokoh utama manga ini adalah anak SMA bernama Raito Light Yagami yang menemukan buku sakti, yang cukup dengan menuliskan nama seseorang di buku itu, orang yang dimaksud akan mati. Death Note bercerita tentang bagaimana Raito Light bermaksud menciptakan dunia yang bersih dari kejahatan dengan menggunakan buku tersebut dan bagaiamana detektif yang bernama L berusaha menangkapnya. Death Note gambarnya bagus tapi kadang musingin, nyaris ga ada humor, dan ga ada unsur romannya sama sekali. Terus kenapa manga ini nangkring di nomor 2 di list top 10 manga? Jawabannya adalah karena Death Note amat sangat RAME gila pisan so freaking bad. Ketegangan yang dibangun oleh manga ini bener-bener extraordinary, so far ini adalah manga dengan jalinan cerita paling seru yang pernah sy baca. Death Note udah tamat di komik nomor 12 di Indonesia.

1. One Piece

Dan akhirnya, manga yang menduduki posisi best of the best manga adalah… One Piece! Inilah manga paling superb, sebuah masterpiece, dan levelnya jauh di atas manga-manga lainnya. One Piece bercerita tentang petualangan Monkey D. Luffy dalam mengarungi lautan untuk menjadi raja bajak laut dan menemukan harta karun legendaris, yaitu One Piece. I love every single bit things of this manga. Gambarnya detail, imajinatif, bagus, backgroundnya lengkap, dan sesuai keperluan (ada kalanya gambar karakternya cute ada saatnya gambar karakternya sangat mirip orang betulan). Tingkat seru dan ketegangan tidak kalah dari Death Note, tapi bedanya kalau Death Note memelihara ketegangan terus menerus, One Piece menyelingi dengan berbagai humor yang benar-benar lucu, adegan flashback yang sering mengharukan, dll intinya mah One Piece ini sangat piawai mengaduk-aduk emosi. Kerjasama tim yang dibangun dan dicontohkan manga ini pun sangat inspiratif. Gambar cover tiap chapter juga seru, karena biasanya gambar cover chapter dipake untuk menceritakan apa yg terjadi dengan orang-orang yang lagi ga masuk kisah utama. Dan One Piece, meski panjang banget, bener-bener ga ngebosenin, bahkan meski dibaca berulang kali.

Satu-satunya kekurangannya palingan cuma, tiap minggu cuma terbit 1 chapter jadi tiap habis baca 1 chapter harus geregetan penasaran selama 1 minggu nunggu chapter berikutnya wkwk. Oh iya, kalau di versi komik cetak di Indonesia, antar chapter itu suka ada kolom namanya pojok SBS yang isinya adalah sang pengarang menjawab pertanyaan-pertanyaan dari surat-surat yang masuk ke dia, and you know what, bahkan pojok SBS pun bener-bener menghibur! Manga ini belum tamat, dan kalau kamu jg suka manga ini, pertimbangkanlah untuk beli komik versi cetaknya untuk mensupport pengarangnya😀

22 thoughts on “Top 10 Manga

  1. yoppppppp…. EMANG One Piece no.1

    Jadi bagi para pecinta One Piece atau bagi mereka yang baru saja mengenal One Piece di Indonesia.. “Kita tidak salah pilih!!”

  2. Setiap akhir tahun, lembaga survei oricon merilis daftar manga terlaris sepanjang tahun 2010.
    Penjualan di mulai dari 23 november 2009 sampai 21 november 2010.
    Hasilnya sama seperti tahun 2009 dengan pemenangnya adalah One Piece.

    1. One Piece (Author : Eiichiro Oda, Publisher : Shueisha) with 32,343,809 total copies.
    2. Naruto (Author : Masashi Kishimoto, Publisher : Shueisha) with 7,409,068 total copies.
    3. Kimi ni Todoke (Author : Karuho Shiina, Publisher : Shueisha) with 6,572,813 total copies.
    4. Fairy Tail (Author : Hiro Mashima, Publisher : Kodansha) with 5,739,526 total copies.
    5. Bleach (Author : Tite Kubo, Publisher : Shueisha) with 5,204,193 total copies.
    6. Fullmetal Alchemist (Author : Hiromu Arakawa, Publisher : Square Enix) with 5,165,052 total copies.
    7. Gintama (Author : Hideaki Sorachi, Publisher : Shueisha) with 3,978,439 total copies.
    8. Katekyo Hitman Reborn! (Author : Akira Amano, Publisher : Shueisha) with 3,479,219 total copies.
    9. Nurarihyon no Mago (Author : Hiroshi Shiibashi, Publisher : Shueisha) with 3,269,379 total copies.
    10. Nodame Cantabile (Author : Tomoko Ninomiya, Publisher : Kodansha) with 3,246,355 total copies.

    Pada tahun 2009, One Piece menang dengan 14,721,241 total copies.

    Bila diperhatikan, antara tahun 2009 dengan tahun 2010 mengalami peningkatan lebih dari dua kali lipat. Dan itu disebabkan karena:

    Jumlah orang yang menyukai One Piece bertambah (dan ini karena);
    Cerita One Piece semakin bagus.

    • waaa, data yang keren, ini sy lengkapi dengan data top 3 hasil survey Oricon tahun 2011:

      1. One Piece [37,996,373]
      2. Naruto [6,874,840]
      3. Ao no Exorcist [5,223,712]

      Terlihat bahwa One Piece kembali merajai chart, jumlah penjualannya meningkat dibanding 2010, dan jumlahnya nyaris 6 kali lipat dibanding jumlah penjualan komik-level-bocah yang nangkring di ranking 2. One Piece emang state of the art dah😀

  3. .
    Wah…
    Bagi Saya…
    DORAEMON Is The Best.
    Yah… Walaupun ASTRO BOY sama Best nya (apalagi kalau ingat dy inspirasi dari manga sekarang)

    SAilor moon juga, walaupun agak cengeng ya.
    Tapi ceritanya bagus.

    ONE PIECE?
    Aduh, Ingat Aja udah bikin Sakit perut pengen ketawa.
    Tapi Masih Kalah Lucu sama Kungfu Komang. (^_^)

      • Kungfu Komang jangan dibaca!! inget jangan dibaca… karena menyebabkan kerusakan otak dan mungkin pengarangnya skr udah dipenjara karena menyebabkan generasi yg ketawa-tawa sendiri… ini manga level dewa.

  4. Sipp lah One piece no 1.
    anime terbaik😀
    kasihan naruto,, kebanyakan flash back nya sih,, jadi jarang ada yang suka (bosen)

  5. setuju banget klo one piece menduduki peringkat 1.. ane bacanya pas sekolah dulu nyewa di perpus komik.. sekarang uda kerja juga masih suka baca komik.. wak wak wak..
    walaupun sekarang udah gak nyewa lagi, ane masih trus baca lewat net
    paling seru klo udah langsung baca beberapa chapter.. kan ceritanya jadi kebaca tuh..
    klo satu chapter berenti trus nunggu lagi seminggu buat baca lagi chapter selanjutnya beneran bikin gak seru ceritanya..

  6. Wow kak komik kakak ada berapa sekarang,asik banget ya kayak kakak komiknya banyaaak tapi shounen semua,
    kalo aku shoujo lebih banyak daripada shounen
    aku ngumpulin dari kelas 5 lho !
    Nabung sampai nangis2 hehe…
    Kalo kakak ngumpulin dari kapan n jumlah nya ada brp?
    Maap bnyk tanya
    kalau ada waktu tolong di jawab sensei !

    • hahaha ya iyalah namanya jg cowo bacanya shounen, cewe wajar bacanya shoujo😀
      emang nya yulia sekarang kelas berapa? kk ngumpulin komik dari kelas 2 SD, jumlahnya sekarang ga tau, tapi sekarang udah jarang beli paling cuma beli One Piece sama Conan, kalo yang lain-lain baca scanlation aja di internet sekalian belajar vocabulary bahasa inggris🙂

  7. ada satu lagi yg rame one-punchman.. itu ngakak banget meskipun musuhnya cuma sekali mukul kalah (hancur) tapi si pengarang bisa aja bikin si manga ini seru dan ga ngebosenin buat dibaca.. bikin kita nunggu-nunggu kapan dipukulnya tuh musuh hahah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s