GPT Problem Saat Instalasi CentOS 5.6

Tadi, saya melakukan instalasi CentOS pertama kali seumur-umur *halah pake curcol dulu*

Instalasi dilakukan di server yang sebelumnya terinstall Windows. Ketika install, setelah melakukan pembagian partisi hard disk, saya dapat error begini: “Your boot partition is on a disk using the GPT partitioning scheme but this machine cannot boot using GPT. Setelah Google sana-sini, dapat juga solusinya. Berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan:

1. Ketika pesan error itu muncul, tekan Ctrl+Alt+F2

2. Ketik ini: dd if=/dev/zero of=/dev/sda bs=512 count=1 lalu Enter

3. Ketik reboot lalu Enter

Setelah restart, kalau ada pop up yang bilang CentOS mendeteksi ada GPT, selalu pilih No. Setelah itu, partisi hard disk dan instalasi bisa dilanjutkan dengan lancar.

Source: http://kezhong.wordpress.com/2011/07/13/solving-gpt-problem-during-the-linux-installation-on-centos5-6/

5 thoughts on “GPT Problem Saat Instalasi CentOS 5.6

  1. kagak bisa gan…
    centos 5.5

    Toloooooonngggg … !!!!
    ada pesan pas udah pake settingan di atas.. saya pilih “No” terus.. tapi tetep muncul error message nya.. kalo saya jawab “yes,, malah macet.. gak jalan jalan..

    gimana ya ??
    T_T

Tinggalkan Balasan

