Halo 2012!

Selamat tahun baru 2012! Telat banget ya, yes I know, bae ah da blog aing. Okay, let’s write something, apa yaa.. Mungkin dimulai dari kenapa saya baru say hello to 2012 di blog ini sekarang, setelah 42 hari berlalu. Jawabannya simply karena saya males buka-buka blog. Sayang juga sih sebenernya, jadi ga sempet posting statistik blog ini selama 2011, tapi yaa udahlah yaa ga ada yang bisa dibanggain juga dari statistiknya.

Selain tentang statistik, ada satu lagi sih yang sayang ga sempet ketulis, tadinya sy mau nulis tentang keprihatinan soal kasus kursi DPR yang satunya harganya 24 juta dan santunan yang diberikan untuk keluarga korban tabrak maut Afriyani yang tiap orangnya disantuni 25 juta. Ngaco ga sih harga nyawa orang cuma selisih 1 juta sama harga kursi. Eniwei udah ga perlu ditulis juga, karena perkembangan terakhir yang saya tau DPR ga jadi pake kursi yang harganya 24 juta itu. Link berita soal topik-topik ini kalo penasaran google sendiri aja ya, lagi males nyari-nyari lagi udah ga hot juga ceritanya.

Terus apalagi ya, ohya kalo ngomongin 2012 taun baru berarti ngomongin resolusi dong. Dan soal resolusi ini, ada 2 hal gede yang jadi fokus utama sy di 2012 ini:

  1. Menentukan pilihan karir lanjutan
  2. Nikah😛

Menentukan pilihan karir

Seriously, sy taun ini mau memutuskan apa karier yang mau sy kejar minimal untuk 2-3 tahun ke depan. Saat ini, sy rasanya punya 5 opsi dengan segala plus-minusnya:

1. Bertahan di kantor sekarang di PT Indonesia Comnets Plus alias ICON+. Jujur aja, kerja di sini enak kok. Buat yang baru lulus dari jurusan Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro, Teknik Komputer, atau dll atau yg berhubungan sama keuangan, SDM, dll dan ingin cari gawe, kalau nemu peluang di ICON+ ambil aja. Gaji mungkin ga seberapa dibanding perusahaan sejenis yang bergerak di bidang telco, tapi tetep lumayan banget gaji fresh graduate di sini, dibanding gaji di Bank Mandiri aja *sebut merk nih* masih lebih gede gaji fresh graduate di sini. Selain itu, banyak orang yang masih muda jadi suasananya enak ceria, makan siang dikasih, makan malam dikasih (asal mau diem d kantor smpe jam 7 malem), futsal gratis tiap minggu, kalau yang di kantor Wismul mah ada les mandarin dan badminton gratis juga tiap minggu, pensiun ada, reimburse kalau sakitnya jatahnya gede, kantornya nyaman dan bersih, bayaran SPB (perjalanan bisnis) gede (tapi sy jarangggg bgt kebagian disuruh ngelakuin perjalanan bisnis), dll, jadi enak lah. Paling ga enaknya cuma kadang beban kerjanya kelewatan, tapi yah namanya juga gawe. Terus kalo udah enak, apa lagi yg sy cari? Well, ga tau juga ya, tapi somehow sy agak kurang puas. Mungkin karena sy gawenya di kampung di Gandul Depok, inginnya mah di Bandung. Atau mungkin sy ingin duit yang lebih banyak lagi. Atau mungkin I simply feel bored being 9 to 5 office wokrer. I don’t know. Saya ngerasa ICON+ ini selama ga bangkrut, layak jadi tempat kerja saya satu-satunya sampai pensiun 30 taun lagi nanti, tapi yah, saat ini agak ingin keluar juga haha.

2. Cari kerjaan baru yang lokasinya di Bandung. Setelah 2 taun ngerasain hidup di Jakarta kota – 6 bulan di kuningan, 3 bulan di Thamrin – dan sisanya di Jakarta coret – di Gandul Depok, somehow rasanya ga enak aja, enakan Bandung. Hidup di Gandul cape, fasilitas serba ga ada, mau apa-apa susah. Hidup di Jakarta kota sy suka sebenernya, banyak banget temen soalnya, udh gitu fasilitas lengkap, tapi macetnya Jakarta itu haduh, ga tahan sm sekali, gila itu mah yang namanya stres teh bener-bener stres. Terus, entah kenapa rasanya di Jakarta kota mah orangnya teh sombong-sombong. Makanya sy ingin juga gawe di Bandung aja, orang-orangnya enak, suasananya cukup perkotaan, harga rumah belum segila Jakarta, pokonya tinggal di Bandung is the best lah. Problemnya, cari gawean oke di Bandung kayanya susah. Sy bener-bener ga tau antor apa yang gede yang ada di Bandung yang swasta. Curiganya, kalau sampe cari kerjaan di Bandung, kayanya harus siap turun grade gaji secara cukup signifikan. Emang sih, ICON+ juga ada di Bandung, tapi utk bidang IT, bidang tempat sy gawe, itu cuma ada di Jakarta, jadi kayanya ga mungkin berharap pindah ke ICON+ Bandung. Lagian udah jadi rahasia umum, gawe di kantor regional ICON+ mah sengsara, cape banget banyak kerjaan banget soalnya hahaha.

3. Kuliah teknik lanjut S2 ke luar negeri. Kalau sy mau cari kuliah k luar negeri, rasanya itu harus taun ini. Kenapa, soalnya sertifikat IELTS sy abis taun ini males tes ulang lg sayang duitnya dan sayang yg dulu udh bagus skornya dapet 7.0 (kira-kira setara 600 di TOEFL) haha. Kuliah k luar negeri, terutama ke Eropa atau Amerika, sungguh tampak menarik bagi sy, soalnya secara keilmuan tampak akan membuka akses sy pada pengetahuan terupdate dan terkini, dan juga membuka peluang lebih besar utk bisa gawe di Eropa/Amerika. Gawe di luar negeri kan gaji engineer berkali-kali lipat dibanding gaji engineer di Indonesia. Problemnya, cari beasiswanya susah *atau mungkin lebih tepatnya, males*. Dan lagi, kuliah di luar negeri itu katanya sibuk, ga sempet ngelakuin hal-hal lain. Jadi curiga ga akan punya pemasukan pisan. Dan setelah terbiasa nerima gaji bulanan gini, somehow agak ga kebayang menjalani hidup tanpa sumber pemasukan selain beasiswa. Selain itu, sy saat ini agak takut jangan-jangan motivasi sy kalau mau kuliah k luar negeri cuma sekedar iri aja sama puluhan temen yang kuliah S2 ke luar negeri.

4. S2 MBA di Bandung sambil bisnis. Nah ini juga opsi yang menarik bagi saya. Dari dulu sy ingin bisnis aja, dan kalau bisnis sambil MBA, bisnisnya bisa dijadikan studi kasus untuk menunjang akademik, dan pengetahuan akademisnya bisa langsung diterapkan ke aplikasi praktis berupa bisnis sy, ya ga sech. Problemnya justru, entah kenapa opsi ini tampak terlalu mulus, biasanya yang di awal tampak sempurna itu pasti artinya ada hal-hal yang kelewat kepikiran. Jadi sy masih ragu juga sama opsi ini.

5. Total berbisnis. Dan yang sy maksud bisnis di sini bukan dagang, melainkan bikin start-up yang produkya web based application. Kenapa web based application, karena saat ini cuma itu satu-satunya keahlian teknis yang saya punya. Problemnyaaa, banyak. Mulai dari keberanian untuk berwirausaha yang masih segede kacang polong doang, keahlian teknis yang masih sangat-rendah-sekali dibanding orang-orang, kedisiplinan diri yang sangat rendah, dan nature dari bisnis yang rawan gagal, apalagi ngejalanin bisnis software di Indonesia yang orang-orangnya pencinta aplikasi gratisan semua ini, mengerikan. But anyhow, I feel quite passionate about this one.

Lalu, kapan saya mau mutusin ambil opsi yang mana? Sy rasa sy akan memutuskannya di tengah-tengah taun ini. Saat ini di kantor sy lagi megang development aplikasi in-house gede namanya NVS, dan sy mau memfokuskan semua pikiran sy kesitu dulu. Sekarang, progres developmentnya NVS ini sangat terhambat, karena udah mah sy kerjanya totally sendirian (janjinya dikasih bantuan orang per akhir Januari tapi janji-janji tinggal janji), sy juga megang maintenance dan development aplikasi gede lain namanya FMS, dimana si aplikasi yang namanya FMS ini tiap hari adaaaa aja terus request fitur baru dan bug yang baru ketemu. Jadi yah, sampai sy sengganya menyelesaikan kewajiban bikin NVS, sy belum akan bener-bener mikirin dan ambil keputusan.

Nikah

Sy ingin nikah akhir taun ini. Sebenernya, target maks sy taun depan, dan kalau taun depan kelewat, sy mau sekalian aja gawe yang serius dulu cari duit utk beli rumah dan mobil dan baru nikah pas usia mapan 35an. Tapi, kalau bisa, sy ingin nikah taun ini. Rasanya sudah ingin memenuhi panggilan untuk menyempurnakan setengah agama *tsahhh.. Tapi soal nikah ini sy belum pernah ngobrolin sama keluarga sih.

Eniwei, satu problem yang sangat besar soal nikah adalah, yang namanya nikah itu ga bisa sendirian, butuh pendamping. Dan sy ga punya calon sm sekali =))

Betul, bisa aja sy datang ke forum kajian, tembak satu cewe, ta’aruf, dan langsung nikah. Atau sy cari ustad minta dicariin calon terus langsung nikah. Tapi somehow sy ga ingin ky gitu. Sy mau ketemu istri sy lewat jalan yg normal aja, lewat interaksi yang baik yang konstan sehingga tumbuh cinta, ceuk urang jawa mah “witing tresno jalaran kulino” (atau mirip-mirip itu lah, sy ga tau da sy mah bukan orang jawa).

Ngomong-ngomong orang jawa, kebetulan nih orang yg lg sy incer saat ini juga orang jawa, sebut saja namanya Mawar. Sebenernya kayanya peluang sy berat coz setau sy dy sendiri udh memutuskan dy mw fokus ngincer orang lain, tapi yaa gimana yaa.. Si Mawar ini cukup istimewa, dy itu sebenernya jauhhhhh dari tipe cewe ideal sy, tapi somehow, sejak putus sm yg dulu, cuma si Mawar ini satu-satunya yang bikin sy kangen terus *termasuk pas nulis ini*, yang bikin sy berdebar-debar, yg sy stalk facebooknya tiap 1 jam sekali *termasuk ketika sy tau pasti ga ada update-an soalny udh jam tidur*, yang tiap hr sy baca ulang chat sm dy d hari itu setelah dy offline, dan jg membuat sy sungguh sangat ingin melindungi hatinya *hadeuh*. Dan, yah, setelah 3x melakukan sholat istikharah, saat ini sy putuskan sy mau ikhtiar aja mendekati dia biarin peluangnya sangat kecil juga, toh kalau emang dy yg terbaik untukku insya Allah ada jalan dan bisa tercapai nikah taun ini, aamiin😀

– update –

kayanya peluang k si Mawar ini sangat kecil sekali, coz sy tampak mw menyerah dan mundur sekarang. kenapa, karena it turns out ternyata Mawar udah ada cowonya, dan saya ga mau jadi orang ketiga di hubungan siapa pun. dan yah, meski belum seluruh hati ini rela melepasnya, semoga Mawar bahagia dengan pilihannya🙂

One thought on “Halo 2012!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s