Memilih Karir Berdasarkan Tipe Kepribadian

Pernah merasa berada dalam profesi yang salah? Atau tengah bimbang mempertimbangkan karir yang ingin dijalani di masa depan? Jika iya, cobalah melihat karir yang sesuai dengan tipe kepribadian dan kecerdasan Anda. Bagaimana cara mengetahuinya? Berikut ini contoh bagaimana saya mengetahui tipe kepribadian saya, tipe kecerdasan saya, dan kemudian memilih karir yang cocok sesuai dengan tipe kepribadian dan tipe kecerdasan.

Mengetahui Tipe Kepribadian

  1. Buka http://www.mypersonality.info, buat akun di sana, lalu login
  2. Pada kotak Personality Types, klik tulisan Take The Test
  3. Pada page yang muncul, di bagian paling bawah pilih tombol Basic Personality Test saja supaya gratis
  4. Nanti akan ada 76 pertanyaan singkat, jawab semua
  5. Lihat hasil tesnya di halaman profil Anda

Ini contoh hasil tes saya:

Perhatikan, di situ terlihat bahwa karakter saya ENTP. Lalu, ada pilihan ENTP Career Matches: Designer, Computer Programmer, Entrepreneur, Inventor, Engineer, Scientist. Berarti itu adalah pilihan karir yang sesuai dengan tipe kepribadian saya.

Mengetahui Tipe Kecerdasan

  1. Masih di website yang sama, kali ini coba ambil tes Multiple-Intellegences
  2. Pada versi basic test, akan ada 80 pertanyaan singkat yang harus dijawab
  3. Jawab semua, lalu lihat hasilnya di halaman profil Anda

Ini contoh hasil tes saya:

Di situ terlihat bahwa tipe kecerdasan saya yang dominan adalah Logical/Mathematical dan Verbal/Lingustic. Pada website tadi, jika kita mengklik tulisan Logical/Mathematical maka kita akan masuk ke halaman yang menjelaskan tentang kecerdasan Logical/Mathematical tersebut. Lalu, di halaman tersebut akan tampak daftar pekerjaan yang sesuai dengan tipe kecerdasannya, contoh untuk kecerdasan Logical/Mathematical pilihan karir yang cocok adalah: Scientist, Mathematician, Lawyer/Attorney, Doctor, Accountant, Bookkeeper, Computer Programmer, Researcher, Financial Planner

Memilih Karir

Terakhir, kita hanya perlu mencocokkan pilihan karir yang ada di daftar pilihan karir yang sesuai kepribadian kita dan juga ada di daftar pilihan karir yang sesuai tipe kecerdasan kita. Contoh pada kasus saya:

ENTP: Designer, Computer Programmer, Entrepreneur, Inventor, Engineer, Scientist

Logical/Mathematical: Scientist, Mathematician, Lawyer/Attorney, Doctor, Accountant, Bookkeeper, Computer Programmer, Researcher, Financial Planner

Terlihat ada 2 pekerjaan yang beririsan, yaitu Scientist dan Computer Programmer. Artinya, saya disarankan menekuni karir sebagai ilmuwan atau programmer komputer. Jika dari daftar pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadian tidak ada yang beririsan dengan daftar pekerjaan berdasarkan tipe kecerdasan utama, Anda bisa mencoba untuk mencocokkan dengan tipe kecerdasan yang nomor 2.

Pada kasus saya, pilihan karir yang disarankan ini tampak tepat, karena saat ini salah satu fungsi saya di kantor adalah sebagai programmer komputer, and I am good at it and I do enjoy it. Namun, ingatlah bahwa cara ini hanya salah satu metode untuk mengetahui pilihan karir yang disarankan untuk Anda. Tidak ada keharusan mengikuti pilihan karir yang disarankan, karena yang terpenting adalah lakukanlah hal yang benar-benar sesuai dengan passion Anda. Jadi, apa profesi yang mau Anda tekuni?

6 thoughts on “Memilih Karir Berdasarkan Tipe Kepribadian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s