Mengatasi Apache Tidak Running Setelah Menginstall Microsoft WebMatrix

Dalam rangka mau coba-coba belajar .NET dan C#, kemarin saya menginstall Microsoft WebMatrix2 sebagai tools web development dari http://www.microsoft.com/web/gallery/install.aspx?appid=WebMatrix. Sejauh ini saya belum familiar dengan struktur dan cara penggunaan WebMatrix ini, mungkin karena memang baru mencoba 1 hari saja, tapi sekilas mah tampak banyak fitur yang disediakan WebMatrix ini. Kemarin juga sy sudah bisa membuat sebuah aplikasi sederhana untuk memasukkan dan mengambil data dari database MSSQL menggunakan C#, cukup mudah dimengerti membuat file-file script dan database menggunakan WebMatrix ini.

Tapi eh tapi, WebMatrix ini rupanya menyebabkan server Apache tidak bisa jalan. Hal ini karena ternyata ketika menginstall WebMatrix, terinstall juga web server IIS bawaan Microsoft yang listening port 80 juga sehingga bentrok dengan Apache. Untuk mengatasinya, ada 2 cara yang bisa dilakukan:

1. Ganti port default IIS atau Apache

2. Matikan salah satunya, jangan coba jalankan keduanya bersamaan

Di sini, saya akan bahas cara kedua. Untuk mematikan/menjalankan Apache, caranya mudah tinggal buka XAMPP Control Panel lalu klik Start/Stop Apache. Untuk mematikan/menjalankan IIS, masuk Start, lalu klik Run, ketikkan services.msc, lalu Ok. Nanti akan ada window baru yang terbuka, di situ cari yang tulisannya Web Deployment Agent Service, lalu klik Stop the service.

stop IIS service

 

Setelah service IIS dimatikan, coba running Apache, insya Allah berhasil.

3 thoughts on “Mengatasi Apache Tidak Running Setelah Menginstall Microsoft WebMatrix

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s