All Time Football Team

Jadi, pas entah kapan saya nemu gambar ini:

Pilihan pemain

Menarik sekali, harus milih 11 pemain dengan budget maksimal sesuai yang udah ditentukan. Setelah merenung dan berpikir sekian lama, seperti inilah tim pilihan saya:

all time football teamFormasi: 4-2-3-1

GK: Gianluigi Buffon

Kiper favorit saya sepanjang masa, pernah jadi kiper termahal dunia, dan bertahun-tahun terpilih jadi kiper terbaik dunia. Kesetiaannya pun teruji dengan tetap setia ketika juskentut degradasi ke Seri B, puncak prestasinya tercapai ketika membawa Italia juara dunia. Sisa budget $30.

DR: Phillip Lahm

Pemain bertahan serba bisa yang bisa main di bek kanan, bek kiri, dan gelandang bertahan sama baiknya. Bisa menyerang dan bertahan dengan sama baiknya, Lahm baru saja membawa Jerman juara dunia 2014 sebagai kapten. Sisa budget $29.

DC: Franz Beckenbauer

Der Kaiser, pemain jenius yang jadi kunci Jerman juara dunia tahun 70an. Karirnya setelah pensiun pun sama suksesnya dengan saat menjadi pemain. Sering disebut-sebut sebagai pemain terbaik Jerman sepanjang masa, dan disebut sebagai penemu peran Libero. Sisa budget $24.

DC: Fabio Cannavaro

Bek yang jadi kunci Italia juara dunia 2006. Postur boleh kurang tinggi, tapi kualitasnya ga perlu diragukan lagi, terlihat dari prestasinya yang jadi pemegang caps terbanyak untuk timnas Italia dan merupakan salah satu dari hanya tiga bek yang pernah terpilih jadi pemain terbaik dunia. Sisa budget $22.

DL: Paolo Maldini

Ini nih pemain favorit saya no.1 sepanjang masa, legenda AC Milan, legenda Italia. Dan dulu pun kalau main bola saya milih jadi bek kiri saking mengidolakan Maldini hehe. Sisa budget $17.

DM: Frank Rijkaard

Salah satu holding midfielder terbaik sepanjang masa yang jadi panutan para defensive midfielder modern, Rijkaard sangat berjaya sebagai salah satu dari trio Belanda yang merajai Eropa bersama AC Milan di awal 90an. Sisa budget $14.

DM: Andrea Pirlo

Si jenius, classy, iconic, dan deep lying playmaker terbaik sepanjang masa menurut saya. Pemain yang kehebatannya tidak termakan usia, saat ini di usia 30an pun Pirlo masih memegang peran kunci di juskentut. Tapi Pirlo paling keren pas masih di AC Milan dan bersama Italia jadi juara dunia 2006 hehe. Sisa budget $12.

AMR: Cristiano Ronaldo

Pemain terhebat dunia saat ini menurut saya. Di antara banyak pemain dengan talenta sangat tinggi, profesionalisme CR7 boleh dibilang tidak ada duanya. Skillnya sangat lengkap, dribble, crossing, shooting, heading, kaki kiri, kaki kanan, sama baiknya. Entah kapan akan ada lagi pemain freak sekomplet CR7. Sisa budget $7.

AMC: Michel Platini

Disebut-sebut sebagai salah satu passer terbaik yang pernah ada, Platini juga sangat produktif mencetak gol, terbukti dari berkali-kali menjadi top skor di Serie A, dan pernah juga jadi top skor Piala Eropa. Platini juga berkali-kali memenangi penghargaan individu seperti Ballon d’Or. Setelah pensiun, mungkin karena memang dasarnya jenius, karirnya pun bagus dan saat ini Platini menjabat presiden UEFA. Sisa budget $6.

AML: Ronaldinho

Pada masa jayanya, pemain yang satu ini bagai penyihir. Kemampuannya yang luar biasa seringkali menimbulkan keajaiban di lapangan. Gayanya yang selalu senyum juga membuat hampir tidak ada orang yang bisa membenci Ronaldinho. Sisa budget $4.

FC: Ronaldo

Sempat bingung harus memilih striker siapa di formasi saya yang memakai striker tunggal, sisa budget yang ada membuat pilihan saya jatuh ke Ronaldo hehe. Pemain botak kuncung legendaris yang sangat cepat dan memiliki penyelesaian akhir sangat klinis dari Brazil yang bahkan jadi idola pemain sehebat Ibrahimovic, sangat dihormati Maldini, dan pemegang rekor jumlah gol piala dunia sebelum dilewati Klose.

Team Playing Style

Dengan formasi 4-2-3-1, tim saya ini akan bermain dengan gaya counter attack.

Di belakang, Buffon akan menjadi tembok yang memberi rasa aman bagi para bek di depannya. Sementara itu, kuartet Cannavaro akan bertugas memarking pemain lawan, sementara Beckenbauer berperan lebih bebas dan boleh maju ke depan. Lahm dan Maldini akan dibatasi tidak terlalu maju, tapi jika kesempatannya ada, mereka boleh overlap ke depan, tapi ketika fullback satu overlapping, yang satu lagi harus stay di belakang.

Di tengah, Rijkaard akan jadi gelandang pekerja keras yang merebut bola dan menjaga bentuk tim. Dari Rijkaard, bola dikasih ke Pirlo, yang punya kebebasan penuh dan diberi peran sebagai metronome pengatur tempo sekaligus playmaker utama tim. Pirlo boleh memainkan tempo pelan, melebarkan permainan ke sayap, atau memberi umpan menusuk langsung ke depan. Sementara itu, Ronaldinho dan CR7 diinstruksikan untuk bermain melebar dan membuka ruang tapi dengan kebebasan untuk cut-inside. Dari sisi tengah, Platini berperan sebagai trequartista yang jika mendapat bola bisa berkombinasi ke belakang dengan Pirlo, memberi assist cantik untuk Ronaldo atau kedua sayap yang cut-inside, atau membuka dan mengeksekusi sendiri peluang. Yang penting, sekali bola sampai ke salah satu diantara CR7, Platini, atau Ronaldinho, tempo permainan langsung ditingkatkan, serangan cepat ala blitzkrieg.

Di depan, Ronaldo bertugas sebagai goal-getter dan memaksimalkan semua peluang yang ada.

Ini tim pilihan saya, kalau pilihan kamu gimana?

One thought on “All Time Football Team

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s