Jersey Impian Bobotoh: Pangeran Biru

Kemarin, dalam rangka ikut lomba, saya coba-coba bikin desain jersey untuk Persib. Lombanya sendiri serasa rada ga jelas sih, entry submission saya aja ga dikonfirm sama panitianya apa diterima atau ngga. Udah gitu, katanya hari ini (1 Januari) akan dishare entry apa aja yang udah masuk, tapi ditunggu sampe jam setengah 11 malem begini belum ada aja. Eniwei, terlepas dari itu semua, saya mau pajang desain jersey buatan saya beserta filosofinya disinišŸ˜€

Beginilah penampakannya:

jersey

FILOSOFI JERSEY

Filosofi utama sekaligus nama jersey ini adalah salah satu julukan Persib, yaitu “Pangeran Biru”.

Bentuk Jersey
Bentuk jersey berupa kaos slim-fit berkerah dengan kerah seperti kerah Cina tapi dimodifikasi sehingga di bagian depan tidak penuh menutupi leher, hanya serong miring membentuk V. Model seperti ini dipilih untuk menggambarkan elitisme seorang pangeran, sambil tetap memudahkan pergerakan dan memberi ruang udara yang nyaman bagi pemain.

Warna Jersey
Ada 4 elemen warna utama yang digunakan:
1. Warna dasar jersey adalah Lapis Lazuli, warna yang biasa digunakan pelukis zaman Renaissance untuk menggambarkan biru langit maupun biru laut.
2. Warna Dark Sapphire digunakan sebagai komplementer warna dasar. Warna ini dipilih untuk menggambarkan kemewahan dan kegagahan sang pangeran.
3. Warna Gold digunakan untuk nama dan nomor. Warna ini adalah warna kejayaan untuk mengingatkan bahwa Persib adalah juara liga Indonesia edisi terakhir.
4. Warna putih digunakan untuk logo dan teks sponsor.

Desain Jersey Depan
1. Garis-garis vertikal tipis di bagian depan dimaksudkan untuk menciptakan ilusi visual mempertegap badan pemain serta memberi aksen minimalis dan modern.
2. Logo Persib terletak di dada kiri pemain, dekat dengan jantung pemain. Di atas logo ada 2 bintang menandakan Persib telah 2x menjuarai Liga Indonesia.
3. Di dada kanan terletak nomor pemain, dicetak dengan font yang memberi kesan modern.
4. Di tengah-tengah dada, dengan ukuran yang lebih kecil adalah slot untuk logo apparel.
5. Mengikuti aturan jersey ala UEFA, di bagian depan hanya ada slot untuk 1 sponsor utama. Pembatasan jumlah sponsor yang terdapat di bagian depan memberikan kesan bersih dan elegan.
6. Di lengan kanan, terdapat logo Indonesian Super League.
7. Di bagian bahu, terdapat sentuhan tradisional berupa hiasan batik khas Bandung dengan motif Patrakomala – Cangkurileung.

Desain Jersey Belakang
1. Pada bagian kerah, terdapat bola bendera Indonesia sebagai penanda Persib adalah juara Indonesia.
2. Tiga strip di atas nama pemain berwarna hijau, kuning, dan biru muda menggambarkan bendera Kota Bandung, menandakan Persib adalah pahlawan-pahlawan yang membela kehormatan kota Bandung.
3. Nama dan nomor punggung pemain dicetak dengan ukuran besar yang bisa terbaca dari jauh dan menggunakan font yang memberi kesan modern.
4. Di bagian bawah nomor punggung ada slot untuk 1 sponsor tambahan. Sponsor ini harus berbeda dengan sponsor pada bagian depan, dan dicetak dengan ukuran yang lebih kecil dibanding ukuran sponsor pada bagian depan dan lebih kecil dibanding ukuran nama pemain.

One thought on “Jersey Impian Bobotoh: Pangeran Biru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s