Review: Pengemis Undercover

Pengemis-Undercover-Rahasia-Seputar-Kehidupan-Pengemis

Kemarin saya sempet ke Gramedia dan lihat ada buku ini di salah satu bagian buku diskon. Dari harga awal 58ribu, banting harga jadi 10 ribu. Dan karena judulnya menarik, saya beli deh.

Isi bukunya mainly adalah:

  1. Tentang kenyataan di balik para pengemis, seperti bahwa pengemis itu luka-lukanya sering dibuat-buat (pakai obat merah dll), ada kordinator yang ngatur jadwal dan area ngemis, uang hasil ngemis itu dipake untuk arisan beli gadget dan hal-hal lain yang mewah, adanya praktek penyewaan anak untuk mengemis, dll.
  2. Mengajak para pembaca bukunya untuk jangan jadi pengemis.
  3. Berbagai perda terkait pengemis.

Tapi, menurut saya mah bukunya mengecewakan. Ketika baca judul “Pengemis Undercover”, saya mengharapkan informasi di buku adalah hasil investigasi langsung penulisnya. Sedangkan, di buku mah hanya ditulis hal-hal yang sudah jadi rahasia umum, atau bisa didapat infonya dari media.

Ga ada investigasi yang benar-benar menjawab 5W 1H dari suatu topik. Misalnya tentang penyewaan anak untuk mengemis, ga ada info kapan jam sewanya, dimana saja lokasi ada penyewaan anak, dll. Dan begitu juga untuk semua topik lain seperti arisan pengemis, kordinator, dll. Semua informasinya dangkal.

Lalu, memang sih di buku ada juga ditulis bahwa penulisnya melakukan wawancara langsung dengan 2 orang pengemis, tapi – kasarnya mah – kredibilitasnya rendah. Ga ada foto wawancaranya. Ga ada penggalian latar belakang subjek lebih dalam (cuma ditulis namanya Murni dan Yeni).

Terus juga, dari buku 200 halaman, 70an halaman isinya adalah Perda di berbagai daerah yang mengatur soal pengemis. Sungguh informasi yang undercover banget, dan juga… Ya kali ada yang mau baca perda berbagai kota pasal per pasal -__-

Simpulannya, meski bukunya harganya cuma 10 ribu, tetep aja verdictnya adalah not recommended.

2 thoughts on “Review: Pengemis Undercover

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s