Bulbalbal

Berawal dari kebangun jam 2 pagi dan ga bisa tidur lagi, saya sebagai master chef handal memutuskan turun gunung ke dunia perkokian dan masak. Saya masak make resep dari web bahasa inggris yang serba dimodif karena bahan-bahannya serba ga ada dan jadinya ini kaya resep original cep Riza. Resep ini saya kasih nama Bulbalbal, alias Bulgogi abal-abal.

Bahan

350 – 450 gr daging sapi, dibuang lemaknya lalu diiris setipis mungkin. Btw, sebenernya saya ga tau kemarin make dagingnya berapa banyak, kisaran ini nebak-nebak aja

4 sdm kecap manis pedas gurih cap Bango (hai PR Bango, baca tulisan ini ga? Saya ikhlas loh kalau post ini berubah jadi post berbayar)

4 cm jahe

Nah, sebelum lanjut resepnya, saya mau ngasih pelajaran dulu. Jadi… Saya kan ga tau jahe itu kaya gimana. Jadi saya buka google image deh. Cari jahe. Gini hasilnya:

Jahe. Gambar dari okezone.

Jahe. Gambar dari okezone.

Nah, pas ngubek kulkas ada yang mirip. Saya potong deh 4cm. Pas diliat potongannya, kok warnanya agak oranye ya. Daripada salah, saya mastiin dulu ke istri saya ini tanaman yang saya potong itu apaan. Nah, ternyata eh ternyata, yang saya potong adalah… Kunyit.

Kunyit. Gambar dari detik.

Kunyit. Gambar dari detik.

Astagfirullah. Tapi kan kalau ga dipotong mirip kan jahe sama kunyit?? Akhirnya saya ubek-ubek lagi kulkas, dan nemu jahe. Tapi, sekedar jaga-jaga saya nanya lagi ke istri, memastikan bahwa ini adalah jahe. Syukurlah, kali ini yang saya ambil ternyata lengkuas.

Lengkuas. Gambar dari wowcangdotcom.

Lengkuas. Gambar dari wowcangdotcom.

Tetap bersyukur meski salah karena sengganya yang ini belum sempet dipotong lengkuasnya jadi ga sayang. Ngubek-ngubek kulkas lagi, dan dapat tanaman lain yang juga mirip-mirip. Dan pas dicium, aromanya khas mirip banget sama permen jahe yang suka dijual di bis kota. Akhirnya dapat juga jahe yang bener😀

Jadi, begitulah. Ternyata mudah mencari tahu mana yang namanya jahe, tinggal diaembeuan alias dicium saja baunya apa mirip permen jahe di bis kota atau ngga. Kalau masih ga tau juga permen jahe kaya apa atau ga pernah naik bis kota, kasian deh yey.

Oke, lanjut ulangi lagi deh resepnya.

Bahan

350 – 450 gr daging sapi, dibuang lemaknya lalu diiris setipis mungkin

4 sdm kecap manis pedas gurih cap Bango

4 cm jahe

1 jeruk nipis

1 tomat, potong-potong

3 siung bawang putih, potong kecil-kecil

2 sdt lada hitam

3.5 sdm gula pasir

3 sdt minyak wijen

0.5 bawang bombay

Cara Masak

  1. Blender jahe, tomat, bawang putih, dan 1 sdt minyak wijen sampai jadi adonan halus
  2. Campur adonan tadi dengan kecap, lada hitam, gula pasir, dan perasan jeruk nipis
  3. Campur daging dengan adonannya, aduk-aduk
  4. Diamkan 1 jam, marinade gitu maksudnya. Sambil nunggu, bawang bombay iris-iris
  5. Panaskan sisa minyak wijen di panci, lalu tumis bawang bombay, lalu masukkan dagingnya. Aduk-aduk sampai matang 5 menitan atau sampai bumbunya meresap mengering
  6. Selesai!

Hasil

Tadaaa, bulbalbal!

Tadaaa, bulbalbal!

Rasanya lumayan lah, ga ada mirip-miripnya sama sekali sama rasa bulgogi hahahahaha. Lebih mirip rasa yakiniku, tapi manis. Mungkin perasa asem kaya jeruk nipisnya agak kurang sementara gula pasirnya agak kebanyakan.

Tapi overall lumayan kok, dimakan bareng sama nasi anget rasanya tetep cociks. Tertarik nyoba bikin?

One thought on “Bulbalbal

Tinggalkan Balasan

